Di era global seperti saat ini, perempuan bisa melakukan perjalan sendirian sudah menjadi hal biasa. Namun kalau anda hendak benergian atau traveling sediri, pastikan anda mempersiapkannya dengan matang. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda sebelum berangkat.

1. Cari informasi secara lebih detail
Mengenal lebih banyak tempat-tempat yang ingin anda kunjungi itu lebih baik. Kemana saja tujuan anda, sempatkan mencari tahu hal-hal penting dilokasi tersebut. Ke mana saja pilihan tempat yang ingin dikunjungi, jalan-jalan utama beserta peta. Mungkin anda bisa meriset secara sederhana diamana saja tempat-tempat yang berbahaya, mengetahui hotel yang bagus, halte terdekat dan segala macamnya.

Mengenali informasi awal ini akan memudahkan anda seta lebih siap ketujuan. Kini dengan internet anda akan lebih mudah mencari informasi awal perjalanan. Bisa juga mencari tahu lewat buku, majalah ataupun teman dan kerabat yang sudah pernah bepergian kelokasi tempat tersebut.

2. Silahkan membawa uang cash
Berfikirlah dengan sigap. Tidak disemua tempat anda bisa menggunakan ATM atau kartu kredit. Dalam situasi terteuntu kadang anda hanya bisa membayar dengan uang cash. Sebaiknya siapkan uang cash yang cukup, jika bepergian ke luar negeri, jangan lupa bawalah mata uang negara setempat dengan berbagai nominal pecahan.

3. Bawalah kartu kredit secukupnya
Ini adalah perjalanan, jadi anada tidak perlu membawa sejumlah kartu kredit yang anda miliki. Cukup membawanya satu atau dua saja. Selain soal keamanan, hal itu juga bertujuan untuk mengontrol pengeluaran anda. Jangan sampai sepulang dari loburan justru mengalami stres karena memikirkan tagian karti kredit yang membengkak.

4. Jangan lupa fotokopi identitas
Persiapkan selalu fotokopi identitas anda saat berpergian. Mengapa fotokopi? Ini untuk jaga-jaga, ketika situasi darurat, seperti kehilangan atau kecopetan dll, anda masih memiliki fotokopi identitas lengkap. Simpan fotokopi itu di wadah lain selain dompet Anda, bahkan agar lebih nyaman, silahkan juga menyimpan di email atau smartphone.

5. Selalu terhubung dengan kerabat
Tetaplah selalu terhubung dengan orang-orang dekat anda. Seperti berhubungan dengan keluarga di rumah,  kemanapun anda pergi pastikan mereka tahu. Tinggalkan juga fotokopi tiket Anda. Jika ada hal-hal yang terjadi, mereka bisa dengan mudah melacaknya. Tidak ada salahnya jika memiliki koneksi internet anda bisa berbagi cerita di media sosial.

6. Ikut asuransi perjalanan
Semua orang tidak menginginkan hal-hal yang buruk terjadi dalam kehidupannya. Demikian pula jika anda melakukan perjalan sendirian. Akan lebih nyaman jika mendaftar pada sebuah asuransi perjalanan. Prinsipnya hanya untuk antisipasi kalau-kalau anda menghadapi keadaan paling buruk.

7. Bergaya kasual dan tidak mencolok
Bukankah ini traveling? Anda tidak sedang berkunjung ketempat pesta. Karena itu ada baiknya pikirkan lagi kalau mau tampil mencolok. Anda disarankan untuk membawa pakaian yang simple dan mudah bergerak. Gunakanlah pakaian yang kasual nyaman dan tidak menarik perhatian. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu seksi karena akan mengundang orang lain untuk menggoda. Demikian pula dengan perhiasan, pakailah pehiasan seadanya dan tidak berlebihan. Jangan membuat diri anda sebagai sasaran kejahatan.

8. Jangan cepat percaya dengan orang
Kita memang butuh banyak teman diperjalanan, untuk saling mengenal dan bertukar informasi. Jangan terlalu cepat berakrab ria dengan orang asing. Jika Anda tak terlalu memerlukan bantuan, sebaiknya lakukan semuanya sendiri. Anda tak akan pernah tahu apa yang bisa dilakukan orang asing terhadap anda saat sedang sendirian.

9. Gunakan kendaraan umum yang terpercaya
Cari tahu apa angkutan umum yang biasa digunalan oleh masyarakat setempat. Cari tuahu juga kednaraan umum yang terpercaya. Jika anda memutuskan untuk naik taksi, pastikan bahwa taksi itu benar-benar dari perusahaan yang terpercaya.

10. Selalu berdoa dimanapun berada
Kita hidup dikolong langit ini milik Allah SWT, karena itu kemana saja kaki melangkah yakinlah bahwa semua dalam kuasaNya. Jangan lupa mengerjakan ibadah sebagaiana keyakinan anda dan berdo’alah, karena dengan do’a membuat perjalan Anda lebih bahagia. [Jreiz]

via: Amelia A Kinanti/Jreiz

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.