Memiliki rumah besar dan mewah saja, ternyata tidak cukup. Zaman sekarang kualitas hidup dan orientasi manusia semakin berbeda. Kini semakin banyak orang membeli atau memiliki rumah yang ada tamannya. Semakin banyak pula yang ingin ada sisa tanah pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai taman.

Keberadaan sebuah taman di rumah makin diminati. Sebenarnya taman memang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Selain bisa memeperindah dan mempercantik tampilan rumah anda, taman juga akan menjadikan suasana yang nyaman dan tentram. Rumah yang memiliki taman yang asri tidak terlihat gersang.

Beruntunglah anda yang masih bisa leluasa membuat taman di rumah. Lihat saja permukiman padat yang terdapat di kota-kota besar, mereka begitu sulit mendapat ruang untuk taman. Kadang kala oleh persaingan hidup, sisa tanah pekarangan untuk taman malah dijadikan untuk ruang parkir motor, warung, atau menambah bangunan rumah.

Keberadaan sebuah eksterior taman, sebenarnya sangat penting bagi kita. Taman tidak sekadar pengisi ruang kosong, melainkan mempunyai banyak fungsi dan peran yang jauh lebih besar. Mau tau apa saja manfaat taman rumah? Berikut 4 fungsi taman yang kami lansir dari berbagai sumber:

  • Taman yang berisi tanaman hidup memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah jadi terasa lebih nyaman dan enak sebagai tempat tinggal.
  • Tanaman yang asri akan memberi kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.
  • Taman juga berguna sebagai arena rekreatif yang bermanfaat bagi anggota keluarga. Apalagi bila luas eksterior taman cukup besar untuk bermain dan berkumpul bersama keluarga, tentu berguna untuk meningkatkan komunikasi.
  • Taman juga berguna sebagai media atau sarana untuk mengisi kegiatan penghuni rumah ataupun untuk menyalurkan hobi berkebun. Kelelahan atau stress yang dialami saat bekerja di kantor akan segera hilang dengan sekedar menyiram tanaman atau memandang keindahan tanaman yang ada.

Ternyata begitu banyak manfaat taman di sebuah rumah. Karena itu jangan ragu untuk memanfaatkan ruang kosong dirumah anda dan mengubahnya jadi taman. Soal bentuk dan model taman yang cocok tentu dapat disesuaikan. Dimanapun Anda tinggal dan berapa pun luas halaman yang ada, Anda dapat membuatnya.

Apabila luas halaman rumah hanya tersisa sedikit, anda dapat merencanakan taman dengan metode menempel ke tembok. Agar kuat, jangan lupa buat penyangga tanaman dari rangka kawat yang disemen ke dinding. Setelah itu letakkan tanaman dengan pot di atasnya. Begitu juga bila tak ada lagi halaman yang tersisa, anda juga masih bisa membuat taman dengan menyiasati ruang itu. Masih kurang yakin? Berkonsultasi dengan seorang ahli aksterior tentu sangat membantu. [elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.