Banyak diantara kita yang masih bingung dan bahkan salah persepsi saat menggunakan produk-produk perawatan kulit yang berhubungan dengan wajah, terutama tabir surya. Bagi mereka yang berkulit gelap misalnya, berpikir bahwa mereka tidak perlu menggunakan tabir surya. Sementara orang-orang yang berkulit putih tak jarang pula melakukan hal serupa, pada gilirannya dapat meningkatkan risiko melanoma (kanker kulit).

Berikut adalah lima kesalahan persepsi penggunaan tabir surya yang sering dilakukan oleh banyak pengguna, sebagaimana dilansir dari Zeenews:

1. Menggunakan sedikit tabir surya
Jangan pelit menggunakan tabir surya, karena kulit Anda tak akan terlindungi secara optimal dari paparan sinar ultraviolet. Bagian-bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari seperti wajah, leher, tangan, lengan dan kaki harus dilindungi oleh tabir surya secara merata.

2. Jangan terlalu sering memakai tabir surya
Anda dianjurkan untuk sering mengoleskan lagi tabir surya sekalipun Anda menggunakan tabir surya SPF 30 yang tahan air. Anda bisa mengolesinya lagi 2-3 jam kemudian, terutama setelah berenang atau berkeringat agar kulit selalu terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Nilai SPF
Ternyata masih banyak yang beranggapan bahwa nilai-nilai SPF dapat ditambahkan, padahal sebenarnya tidak. Misalnya, jika Anda menggunakan tabir surya SPF 15 dan kemudian 10, Anda tidak akan memiliki keuntungan tambahan.

4. Menggunakan SPF rendah di luar ruangan
Jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan dimana tubuh akan banyak terpapar sinar matahari, pastikan bahwa Anda memakai SPF tinggi yaitu 30 atau di atasnya, yang sweatproof dan tahan air. Kalau pun menggunakan SPF rendah, maka anda harus sering mengolesinya lagi untuk perlindungan kulit yang maksimal.

5. Gunakan tabir surya hanya yang memiliki perlindungan UVB
Menggunakan tabir surya yang hanya memiliki perlindungan UVB tidak akan maksimal melindungi kulit. Karenanya, anda harus menggunakan tabir surya yang memiliki perlindungan sinar UVB dan UVA. Perlu diketahui, UVA dapat menyebabkan efek buruk jangka panjang seperti penuaan kulit dini, sedangkan UVB dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. (edt-elz)

Via [suara.com]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.