Garam atau dalam bahasa Aceh disebut sira, dikenal sebagai bahan penyedap yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Meski bentuknya sederhana tapi bisa dipastikan suatu masakan tidak akan lengkap rasanya tanpa garam.

Kalau selama ini garam itu akrab kita dijumpai di dapur atau di meja makan, ternyata garam juga dapat bermanfaat bagi perawatan perawatan tubuh dan wajah. Tak percaya?

Perawatan tubuh dan wajah menggunakan garam tentunya relatif mudah dan tidak menghabiskan banyak biaya. Berikut ini kami tampilkan 5 cara memanfaatkan garam untuk perawatan kecantikan, dilansir dari today.com

1. Toner wajah
Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak dapat menggunakan garam untuk mengatasinya. Ambil satu botol semprot kecil yang sudah disterilisasi, isi dengan air hangat hingga 3/4 bagian botol penuh. Kemudian tambahkan satu sendok teh garam. Semprotkan toner ke wajah yang bersih dari makeup. Pastikan untuk menghindari bagian mata. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk bersih.

2. Scrub wajah
Angkat sel kulit mati di wajah dengan scrub dari garam. Campurkan satu sendok teh garam halus dan satu sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Aplikasikan campuran tadi ke wajah Anda. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar dari wajah hingga ke bagian leher. Setelah itu bilas dengan mencuci kulit seperti biasa.

Selain dengan toner di atas, Anda juga bisa memanfaatkan garam sebagai pengontrol minyak di wajah dengan scrub ini.

3. Spray rambut
Siapa sangka kalau garam laut juga bisa digunakan untuk menciptakan penampilan rambut bergelombang yang glamor? Siapkan botol kosong yang sudah disterilisasi semprot botol air hangat. Larutkan satu sendok teh garam laut ke dalam 250 ml air hangat. Tambahkan 1/2 sendok teh minyak kelapa cair dan setetes gel rambut. Kocok hingga tercampur rata, kemudian semprotkan ke rambut Anda. Rabut akan tampak bergelombang dan lebih bertekstur.

4. Steam wajah
Sebelum melakukan pengelupasan sel kulit mati di wajah, Anda perlu membuka pori-pori wajah terlebih dahulu. Steam dengan campuran air garam bisa dimanfaatkan untuk membuka pori-pori yang tertutup ini.

Larutkan 1/3 cangkir garam laut dengan satu panci/satu baskom kecil air mendidih. Tempatkan wajah beberapa sentimeter di atas mulut panci untuk menguapi wajah. Lakukan selama 10 menit saja. Setelah itu Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah.

5. Air berendam
Berendam dalam air yang dicampur dengan sedikit garam bisa membuat tubuh rileks. Anda tinggal mencampurkan secangkir garam laut, beberapa tetes minyak almond, minyak kelapa, atau minyak esensial lain ke dalam bath tub. Tuangkan air ke dalamnya, kemudian pakai untuk berendam selama kurang-lebih 30 menit.

Berendam dalam air garam seperti ini juga bisa mengurangi pembengkakan pada jari tangan dan kaki yang lelah.

Demikianlah 5 cara memanfaatkan garam untuk perawatan tubuh dan kulit Anda. Mau mencoba? [merdeka/tsr/e-elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.