Ainul Fadlan dan Devi Pratiwi akhirnya dinobatkan sebagai Duta Wisata Aceh 2014. Mereka berdua berhasil menyingkirkan 21 kandidat lain yang bertarung dalam ajang tahunan yang berlangsung di Sabang. Ainul mewakili Kabupaten Aceh Utara, sementara Devi mewakili tuan rumah.

Penobatan Duta Wisata Aceh 2014 berlangsung di Pentas Sabang Fair Kota Sabang, Sabtu malam, 30 Agustus 2014. Pasangan Ainul-Devi berhak atas hadiah uang tunai Rp 10 juta. Selain itu, keduanya menyandang tugas untuk mewakili Aceh bertarung dalam ajang serupa pada level nasional yang akan digelar di Pekanbaru, Desember 2014 mendatang.

Rangkaian proses pemilihan telah berlangsung sejak 27 Agustus lalu, para peserta telah menghadapi fase penilaian dari dewan juri yang terdiri dari pakar kalangan profesi dan akademisi.

Guru Besar UIN Ar-Raniry Prof Dr Hasbi Amiruddin MA, Drs Muchtar Machmud MBA, Direktur Akademi Pariwisata Muhammadiyah Aceh, Drs Arifin Syama’un MEd, Direktur STIKIP An-Nur Banda Aceh dan Dra Psi Nurjannah Nitura, konsultan psikologi Yayasan Psikodista Banda Aceh menjadi hakim penentu juara. Proses penilaian meliputi bidang agama, budaya, kepariwisataan dan ekonomi kreatif. menguji kemampuan Bahasa Inggris para peserta menilai kepribadian.

Mengusung tema ‘Melalui Pemilihan Duta Wisata Aceh Kita Bina Generasi Muda untuk Melestarikan dan Mempromosikan Daya Tarik Wisata Aceh’ tersebut bertujuan menjaring pasangan yang akan mempromosikan Aceh sebagai bagian dari strategi pembangunan sektor wisata.

Menurut Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rasyidah M Dallah, malam puncak penobatan juga dihadiri KADISBUDPAR Aceh, Reza Fahlevi dan seluruh Kadisbudpar kabupaten/kota. Prosesi penutupan yang sedianya akan dilakukan Gubernur Aceh diwakili Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam.

Walikota Sabang, Zulkifli H Adam, menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Aceh yang menekankan agar Duta Wisata terpilih mampu bekerja optimal untuk mempromosikan potensi wisata Aceh di tingkat nasional dan internasional.

“Selamat kepada para pemenang, semoga dapat meraih sukses pada Pemilihan Duta Wisata Tingkat nasional,” ujar Zulkifli mengutip pernyataan tertulis Zaini Abdullah.

Zulkifli memaparkan bahwa pariwisata menjadi sektor yang sangat potensial. Aceh memiliki kurang lebih 800 lokasi wisata yang tersebar di seluruh Aceh, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata minat khusus yang khas dan tidak dimiliki daerah lain di Indonesia.

Pemilihan Duta Wisata Aceh 2014 adalah ajang kedelapan dan pertamakali digelar di luar Banda Aceh. Peserta yang berjumlah 44 orang yang merupakan utusan dari 22 kabupaten/kota se-Aceh minus Kota Subulussalam yang tidak mengirimkan kontestan.

Berikut daftar Para Juara dalam pemilihan Duta Wisata Aceh 2014.

Juara I, Agam Aceh Utara, Ainul Fadlan – Inong Sabang, Devi Pratiwi
Juara II, Agam Sabang, Fajri Sabri – Inong Aceh Besar, Nina Maulidia Rizka
Juara III, Agam Banda Aceh, Fathur Maulana – Inong Banda Aceh, Zahratul Fajri

Juara Harapan I, Agam Aceh Tengah – Inong Aceh Barat
Juara harapan II, Agam Aceh Timur – Inong Langsa
Juara Harapan III, Agam Bener Meriah – Inong Aceh Singkil

Juara Favorit, Agam Bireuen – Inong Nagan Raya
Presentasi Terbaik, Agam Lhokseumawe – Inong Gayo Lues
Penampilan Terbaik, Agam Simeulue – Inong Tamiang

[Mahfud T/Dys]