Salah satu olahraga yang sangat digemari banyak orang adalah berenang. Berenang tidak perlu mengeluarkan keringat, namun tetap membakar kalori dalam tubuh. Tidak hanya itu, berenang juga memiliki manfaat lain. Seperti yang dikutip dari stylecraze.com, berikut manfaat berenang bagi kesehatan!

1. Mengurangi stres
Rasa dingin yang datang dari air akan membuat perasaan menjadi jauh lebih tenang. Air yang bergerak dan merendam seluruh tubuh akan memberikan efek rileks sehingga siapapun yang menikmatinya akan melupakan masalah mereka.

2. Meningkatkan kerja otak
Karena banyaknya jumlah endorfin yang dilepas, maka otak akan menjadi rileks. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan kerja otak dan mencegah penyakit otak seperti alzheimer, parkinson, dan demensia.

3. Menurunkan resiko diabetes tipe 2
Saat berenang, badan akan bekerja keras dalam bergerak karena bergerak di air tidak seringan di darat. Hal ini akan membantu pembakaran kalori dan mengubah gula yang tertimbun diubah menjadi energi sehingga dapat mengurangi resiko kelebihan gula dalam tubuh.

4. Menurunkan kolesterol
Karena kalori yang keluar cukup banyak, maka tubuh akan jauh lebih ringan dan kolesterol ikut terbakar. Endorfin mendukung dengan membuat otak menjadi lebih rileks.

5. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi asma
Saat berenang, kita tidak akan menahan nafas saat menyelam. Hal inilah yang kemudian menjadikan paru-paru lebih longgar dan tarikan nafas akan lebih panjang. Bagi penderita asma, berenang juga membantu pernapasan agar lebih baik.

6. Menguatkan otot
Gerakan tubuh saat berenang menjadi lebih bebas dan lebih kuat karena tekanan air. Tidak hanya melatih peregangan otot, namun juga meningkatkan fleksibilitas dan menghindari nyeri sendi dan otot.

Via [dreamersradio]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.