Berjalan adalah aktivitas fisik yang sering Anda lakukan setiap hari. Hanya saja waktu untuk berjalan bagi setiap orang di zaman serba teknologi ini semakin berkurang. Tanpa sadar kita lebih sering dimanjakan oleh aneka kendaraan pribadi yang dimiliki.

Aktivitas berjalan memang sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa kegiatan sederhana ini dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan Anda? Bahkan, banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa berjalan dapat menjadi kunci kesehatan bagi tubuh.

Ya, berjalan ternyata dapat mencegah obesitas dan diabetes bila dilakukan secara rutin. Tak hanya itu, berjalan juga dapat meringankan depresi, stres, meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan bahkan mengurangi kemungkinan patah tulang pinggul sebesar 40 persen.

“Perubahan fisik karena berjalan mungkin tidak segera terlihat, tetapi jika Anda melakukannya secara teratur, setengah jam berjalan sehari dapat mengurangi semua penyakit kronis dan penuaan dini,” kata Dr James Brown dari School of Life dan Health Sciences di Aston University.

Dia menekankan bahwa ketika tubuh tidak dilatih untuk melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda diibaratkan menjadi berkarat seperti mesin. Akibatnya, tubuh jadi gampang lelah dan tidak dapat berfungsi dengan baik. “Dan sebelum kau tahu itu, penurunan fisik mampu membawa penurunan kesehatan mental Anda juga,” tutupnya. [MedicMagic/Suara/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.