Setiap orang Aceh pasti mengenal Blang Padang. Warga Banda Aceh dan Aceh Besar dulunya bisa menyebut Tanoh Lapang adalah sebuah lapangan yang diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau bagi kota Banda Aceh. Luasnya kira-kira delapan hektar teletak tepat di jantung kota Banda Aceh.

Generasi sekarang mungkin tak begitu tahu kalau dulunya Blang Padang adalah alun-alun kerajaan Aceh Darussalam. Di sini biasanya diadakan latihan baris-berbaris, latihan perang maupun dijadikan tempat untuk menambatkan gajah-gajah kerajaan Aceh kala itu.

Kini kawasan Blang Padang sering dimanfaatkan oleh warga Banda Aceh untuk tempat bersantai bersama rekan-rekan dan kerabat. Pada hari-hari libur kawasan rindang ini terlihat semakin padat oleh warga yang datang dari berbagai sudut kota untuk sekedar bersantai menghabiskan sisa hari setelah seharian penat beraktivitas. Di hari minggu disini rutin diadakan acara Senam Jantung Sehat.

Kawasan Blang Padang kini juga ramai dimanfaatkan sebagai tempat olahraga sore oleh warga Banda Aceh baik untuk bermain sepak bola, basket, jogging atau jugatempat anak-anak sekedar bermain layang-layang bersama keluarga.

Yang menarik di Blang Padang bukan hanya hamparan rumput hijau dan jejeran pohon Mahoni yang membuat kawasan ini menjadi teduh tapi juga semakin ramainya pedagang jajanan aneka menu disini. Di Blang Padang kita bisa menikmati aneka suguhan minuman segar, mulai dari Es Kelapa Muda, Sup Buah segar dan aneka macam minuman lainnya. Juga terdapat ragam makanan ringan yang bisa di coba seperti Batagor, Rujak, Mie Aceh, Bubur Ayam, Siomay dan masih banyak lagi. Semua makanan ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Maka tidak heran banyak warga dari segala usia menjadikan kawasan ini sebagai tempat favorit untuk dikunjungi. (Ddy)

selanjutnya >>

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.