Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg – internet.org

Lambatnya internet Indonesia ternyata sampai ke telinga Mark Zuckerberg. Penemu sekaligus Bos Facebook itu ternyata mengetahui apa penyebab internet Tanah Air lemot. Apakah ia senada dengan mantan Menkominfo sebelumnya?

Pada satu kesempatan Tiffatul Sembiring pernah berujar jika yang jadi fokus sekarang – pada masanya – adalah pemerataan akses bukan cepatnya akses. Di daerah pelosok masih banyak wilayah yang belum bisa mencicipi nikmatnya internet.

Dari data Internet.org menyebut jika 75% pengguna seluler Indonesia masih mengandalkan jaringan 2G GSM/EDGE yang kecepatannya jauh tertinggal dari 3G apalagi 4G LTE. Tatkala bertandang di Jakarta, Zuckerberg mengatahui apa penyebabnya.

“Di sini (Indonesia), salah satu masalah paling besar adalah Efisiensi,” kata dia.

Menurut pria berusia 30 tahun tersebut, Indonesia wajib fokus dan miliki strategi khusus agar menuju internet yang lebih baik. Ia mengusulkan pada penyedia konten online di Tanah Air harus bisa menekan penggunaan data seluler semaksimal mungkin dengan memanfaatkan bandwith yang tersedia bagi mobile.

“Makanya fokus kami adalah persoalan ekonomi dan efisiensi data. Contohnya saja, ukuran file aplikasi Facebook di Android telah menyusut 50 persen sehingga menghemat bandwidth,” tambahnya. [kaskus]