Bagi perempuan yang sedang mengandung, konsumsi buah lebih dari porsi biasanya merupakan hal wajar dan sudah seharusnya. Sebab, buah adalah cemilan yang baik. Memiliki jutaan vitamin serta dapat menyempurnakan gizi bagi janin. Berbagai macam vitamin bisa didapatkan dengan mudah disegala jenis buah yang relatif murah dan enak di konsumsi.

Buah DelimaNamun, untuk perkembangan otak janin, menurunkan resiko kehamilan dan melahirkan bayi dengan cacat otak atau neural tube defect seperti spina bifida, hanya terdapat pada buah Delima. Buah yang satu ini, memiliki kandungan folic acid atau asam folat yang banyak. Kandungan tersebut sangat berpengaruh bagi otak calon bayi.

Rasmiwati, bidan Rumah Bersalin Ayu juga mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam buah Delima sangat baik untuk ibu yang sedang mengandung. “Untuk ibu hamil, sangat bagus  mengkonsumsi buah delima. Baik untuk perkembangan otak dan daya pikir balita,” ujar Rasmiwati.

Buah Delima, sebenarnya sudah terkenal memiliki banyak khasiat sejak dulu kala. Buah Delima pertama sekali diperkirakan berasal dari Iran, kemudian menyebar pembudidayaannya di Timur Tengah, Arab Saudi, Afghanistan, India hingga Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Buah Delima juga terkenal di Perancis dengan sebutan Pomegranate yang berarti apel berbiji banyak, karena satu buah Delima mampu memiliki 800 biji di dalamnya.

biji DelimaDi Indonesia sendiri termasuk juga di Aceh, buah Delima kelihatannya mulai jarang dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan dengan buah-buah lain. Selain mulai sulit didapatkan, buah yang satu ini sudah terbilang mahal ketimbang buah lainnya.

Manfaat buah ini juga terletak pada kandungan flavonoid (antosianin), asam sitrat, asam malat, asam folik, gula buah seperti glukosa, maltose, dan fruktosa, vitamin C, B6, A, E, dan mineral. Telah terbukti bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada jus Delima tiga kali lebih banyak dibandingkan teh hijau.

“Peningkatan daya tahan tubuh juga sangat penting, Vitamin C yang terdapat pada buah Delima bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan imunitas pada janin, serta bisa membantu penyerapan zat besi serta pembentukkan darah janin. Juga dapat memberikan sifat keras pada tulang dan gigi janin setelah lahir,” Lanjut Rasmiwati. [Dara Hersavira]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.