Betapa kesalnya ketika sepetu kesayangan Anda yang sengaja dipakai untuk momen-momen spesial, malah rusak justru ketika Anda menyimpannya. Sepatu merupakan salah satu bagian penting dari penampilan seorang, terutama kaum perempuan.

Perhatikan, rata-rata seorang perempuan dewasa memiliki lebih dari 5 pasang sepatu. Uang pun direlakan untuk membeli koleksi-koleksi sepatu kesayangan. Jika memang anda memiliki sejumlah koleksi sepatu, jangan biarkan ia rusak justru saat anda tidak memakainya. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda, agar sepatu yang disimpan tetap awet:

1.  Gunakan rak sepatu dari Kayu
Menggunakan rak sepatu yang terbuat dari kayu diyakini akan lebih membuat sepatu anda tahan lama. Supaya terlihat rapi, aturlah posisi sepatu anda dengan baik, sehingga ketika anda ingin mencari sepatu favorite sesuai momen tidak kesulitan menemukannya. Mungkin bisa dimulai dengan menyesuaikan barisan sepatu, seperti sepatu pesta, sport dll.

2.  Menggunakan Lemari Khusus
Dari pada makan hati karena koleksi kesayangan rusak, tidak salah juga jika anda membeli lemari khusus sepatu. Meskipun harganya sedikit mahal, tapi lemari tersebut memag dirancang khusus untuk koleksi sepatu. Lemari sepatu memiliki ventiasi udara yang baik, yang berfungsi menjaga kelembaban suhu. Lemari khusus ini sangat membantu jika Anda memiliki banyak koleksi sepatu berbahan dasar kulit.

3.  Jangan lupa gunakan Gel Silika
Gel silika adalah butiran seperti kaca dengan bentuk butiran, silika dibuat sintetis dari natrium silikat. Walaupun memakai namanya gel tapi sebenarnya ia tetap berbentuk padat. Nah, jika ingin sepatu tetap awet jangan lupa gunakan Gel Silika dengan menaruhnya di sudut-sudut lemari atau pada kotak sepatu kesayangan anda. Gel silika berfungsi untuk menjaga kotak sepatu Anda tidak mudah lembab.

4.  Jangan remehkan Debu
Tahukah anda kalau debu ringan yang beterbangan kesana-kemari itu membawa partikel-pertikel berbahaya? Debu memang terlihat spele, tidak jarang justru hal yang spele itulah koleksi sepatu Anda bisa rusak. Biasakan untuk selalu teringat membersihkan debu yang menempel pada sepatu anda. Kebiasaan malas mengechek konsisi sepatu dan membersihkan debu secara berkala, menjadi penyebab utama kerusakan sepatu saat ia disimpan.

5.  Cuci dahulu sebelum Disimpan
Sebelum sepatu kesayangan anda disimpan, apalagi untuk waktu yang relatif lama. Maka cucilah terlebih dahulu, keringkan sebelum anda menyimpannya. Hal ini terutama untuk sepatu-sepatu yang sering anda gunakan atau bisa juga seperti jenis sepatu olah raga. Karena ia begitu sering diapakai tidak salahnya anda mengelompokan sepatu sejenis pada rak yang sama. [elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.