Takengon, terkenal dengan lomba pacuan kuda. Pacuan kuda di Aceh Tengah itu sebagai ajang hiburan rakyat dan jadi agenda tahunan budaya. Jauh melangkah ke Nusa Tenggara Barat (NTB), juga ada Kuda, tepatnya Kereta Kuda sebagai alternatif angkuan umum. Di kota Mataram, banyak Kereta Kuda terparkir di depan pasar rakyat. Ternyata, tidak hanya di kota, hampir seluruh Lombok ada kereta kuda yang dikenal dengan sebutan cidomo.

Cidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok dan Kepulauan Gili. Secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa. Perbedaannya cidomo menggunakan roda mobil bekas, bukan roda kayu.

Kereta Kuda Cidomo ini masih menjadi sarana transportasi utama, terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau angkutan publik, mengambil rute perjalanan di area perkampungan penduduk, melintasi sekolah maupun pasar-pasar tradisional. Penumpang cidomo bisa beragam; anak-anak ke sekolah, para ibu ke pasar, atau penumpang lainnya seperti para pedagang, yang mengangkut barang dagangan mereka. [Bai Ruindra/jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.