[email protected] suriamsyah|sumber: disbudpar Sabang

Sudah Seminggu ini Hujan deras dan angin kencang melanda Pulau Weh. Hal ini mempengaruhi sejumlah aktifitas, termasuk Jadwal Pelayaran dari dan ke Pulau Weh.  Penyeberangan dari Pelabuhan Balohan lewat Kapal feri BRR yang normalnya 2 Trip sehari dikurangi menjadi 1 trip saja, itupun waktu penyeberangan sering molor, yang biasanya pukul 08.00 Wib bisa menjadi lewat setengah jam atau lebih.

Namun gangguan alam ini sepertinya tidak berpengaruh pada niat untuk berkunjung ke Sabang. Apalagi jelang akhir Tahun seperti sekarang ini. Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan sabang Mawardi STr kepad Acehfame Selasa (23/12/14) menyebutkan, terjadi peningkatan penumpang 20 persen dibanding waktu normal, dan menariknya ini juga terjadi di saat cuaca ektrem seperti ini.

“Ini memang kerap terjadi setiap tahunnya saat pergantian tahun” ungkapnya. saat hari biasa dalam keadaan normal, kata Mawardi Pelabuhan Penyeberangan Balohan perharinya menerima kedatangan (Arival) sekitar 1500 sampai 2000an Penumpang, pihaknya memperkirakan selama 2 mingguan jelang Tahun Baru akan ada 10 Ribu sampai 15 Ribu Wisatawan akan hadir ke Sabang.

Namun Demikian Mawardi juga mengingatkan kepada Penumpang yang akan ke Sabang perlu mempertimbangkan cuaca yang saat ini sedang tidak bersahabat, selain itu sebaiknya pengunjung tidak membawa kendaraan Pribadi,  terutama Roda empat. Hal ini untuk mengantisipasi terbatasnya lahan Parkir di Pelabuhan Balohan dan Kapasitas Kapal yang tersedia untuk kendaraan. Namun Wisatawan tidak perlu merasa khawatir akan masalah Transportasi karena di Sabang juga tersedia Transportasi Umum, selain itu seperti Tahun-tahun lalu Pemerintah Kota juga akan menambah armadanya untuk mengangkut Penumpang dari Balohan.

“Bis Pemko juga akan turut membantu seperti tahun lalu saat Lebaran, Cuma diganti uang minyak dan Sopir saja” ungkapnya.

Disinggung masalah penumpukan kendaraan, ia membenarkan sudah 2 hari ini sejumlah kendaraan yang di dominasi mobil Pribadi masih belum terangkut, dan juga tampak beberapa truk yang masih terparkir di area antrian. Pantauan Acehfame Sejumlah Penumpang asal Sumatera Utara dan Mancanegara,  baru saja sandar mempergunakan Kapal cepat Ekspress Bahari 9C, yang berlayar dari Pelabuhan Ule Lheu anda Aceh, dengan kondisi Full Seat. [Mahfud T]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.