Sabang bakal full kreasi dipertengahan tahun ini, selain ajang pagelaran budaya akbar, Festival Sabang Fair 2014, kali ini Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kota Sabang juga akan mengadakan Lomba Kreatifitas Kerajinan Masyarakat Gampong, untuk menggali kekayaan dan kreatifitas lokal. Potensi kreatifitas masyarakat Sabang masih belum tergali. Padahal produk kerajinan dan indusdtri kreatif dapat dijadikan sumber ekonomi masyarakat.

Pulau Weh yang merupakan salah satu Destinasi Wisata di Indonesia sebenarnya merupakan potensi Pasar yang menjanjikan. Hasil kerajinan berupa Souvenir, bahkan Kuliner dapat menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Untuk itulah Dekranas Kota Sabang akan menggali potensi tersebut dari gampong, melalui Lomba Kreatifitas Masyarakat Gampong.

Kegiatan ini juga diyakini akan memeunculkan produk kreasi lokal dengan Identitas setempat. Kepada AcehFame ketua Dekranas Kota Sabang Mulyana Sari Zulkifli H. Adam, mengungkapkan tiap Desa di Sabang sebenarnya punya ciri sendiri, sehingga diharapkan lomba ini dapat mengangkat Identitas Gampong tersebut. Misalnya dikawasan pesisir pantai, menajdikan limbah alam seperti keong dan kerang sebagai bahan kerajinan kreatif.

“Kita di Sabang banyak potensi alam berupa bambu, kayu-kayuan, hasil limbah alam seperti keong dan kerang. Karena itu pertama sekali kita adakan lomba ini, apapun yang bisa dijadikan souvenir bagi wisatawan” ungkapnya saat ditemui di Kantor Dekranas setempat Senin (16/06/2014).

Masing-masing Gampong kata Mulyana yang juga merupakan istri Waliota Sabang, mengutus 2 wakilnya, saat ini sudah terdaftar 11 Gampong. Total hadiah yang disediakan Rp 16 Juta berupa piagam, piala dan uang pembinaan. Dekranas berkomitmen mendampingi gampong yang meraih juara untuk dibina sebagai mitra usaha home industri di Sabang.

“Insya ALLAH yang menjadi juara nanti akan kita bina menjadi pengusaha, walaupun pengusaha dalam bidang home industri” tambahnya, dengan nada optimis.

Masih ada yang berminat? Peserta dari kalangan umum yang berminat, dapat menghubungi Geucik dan pengurus PKK setempat untuk segera didaftarkan. Dekaranas sendiri kabarnya akan memberi biaya dukungan kepada peserta 500 ribu rupiah per gampong. Lomba Kreatifitas Kerajinan Masyarakat Gampong ini berlangsung 18 Juni 2014 di Gedung Serbaguna kawasan Sabang Fair. [Mahfud T]