Ketika merayakan Hari Raya Ied Fitri, hampir seluruh umat Muslim di dunia mengenakan pakaian serba baru. Makna kesucian dan keindahan sepatutnya turut dipertimbangkan.

Desainer busana Muslim, Dian Pelangi, memberikan masukan seputar penggunaan busana untuk salad Ied agar Anda terlihat cantik dan indah. Pertama, Dian menyarankan jangan terlalu berlebihan saat merayakan Lebaran. Alih-alih ingin tampak berbeda dengan yang lain, Anda justru bisa terjebak dengan penampilan yang kurang sedap dipandang.

“Kita jangan terlalu excited dulu ingin buru-buru pakai busana Lebaran. Perhatikan busananya, jangan sampai terlihat tidak bagus,” tuturnya ketika ditemui di Century Park, Jakarta, baru-baru ini.

Perempuan kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini, menyarankan Anda untuk memerhatikan siluet busana. Pilihlah busana dengan model lebar di bagian bawah untuk memudahkan gerak Anda saat melaksanakan shalat Ied.

Dian Pelangi
Dian Pelangi

Jika memilih busana berbentuk H-Line, seperti kebanyakan gamis, Anda akan sulit gerak saat sujud dan rukuk. “Pastikan mengenakan busana yang lebar di bagian bawah, jangan yang sempit.Pemilihan bahan harus dapat dipastikan membuat nyaman dan juga membuat gerah pada saat shalat,” imbuhnya.

Selanjutnya, Dian juga menyarankan untuk memilih bahan yang tidak mudah kusut.Pasalnya, pada saat shalat Ied, terdapat gerakan berulang yang nantinya membuat busana menjadi kusut. Untuk itu, baiknya memakai busana berbahan dasar tidak mudah kusut.

“Pas shalat Ied, kita banyak duduk, rukuk, dan sujud. Kalau bahannya lecek, jadi kelihatan kusut. Jangan sampai saat kita buka mukena, busana kita lecek dan kusut,” tutupnya. [ren]

Via [okezone]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.