Siapa yang tidak tau Finlandia, sebuah negara kecil di eropa dengan ibukota Helsinki, Finlandia merupakan negara yang bersejarah bagi Indonesia dan Aceh, karena negara ini merupakan negara dimana tempat terjadinya perundingan perdamaian antara Indonesia dan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

Negara produsen ponsel ternama di dunia yaitu Nokia ini ternyata mempunyai cerita menarik, bagaimana tidak negara ini merupakan negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia bahkan Amerika Serikat, Jepang negara yang kita anggap terbaik jika bebicara soal pendidikan pun berada di bawah Finlandia.

Hasil yang diperoleh melalui survei internasional pada tahun 2006 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Organisasi ini melakukan survey melalui sebuah tes yang mengukur kemampuan siswa dalam bidang sains, matematika dan membaca. yang lebih menarik, negara ini tidak hanya mempunyai keunggulan dalam bidang akademis saja, tetapi juga berhasil mendidik anak-anak lemah mental menjadi pintar dan cerdas secara akademis. Jadi, apa kunci  Finlandia sebagai negara yang mempunyai tingkat pendidikan terbaik di dunia ?

Anak-anak di Finlandia mulai sekolah setelah umur 7 tahun

Orang Firlandia percaya bawah, usia sebelum 7 tahun merupakan usia bermain-main, anak anak bisa belajar melalui permainan-permainan, berimajinasi serta bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar, sehingga masa pra sekolah yang dimulai dari umur 5 tahun mereka lebih ditekankan bersosialisasi dan bermain

Minimal Guru Harus Begelar Magister

Salah satu kualitas anak dapat di lihat dari pendidiknya, sehingga di Finlandia Guru harus begelar Magister yang dapat di peroleh satu dari 8 peguruan tinggi negeri yang di subsidi oleh pemerintah

Seluruh sekolah didanai penuh oleh pemerintah

dengan begitu, warga negara dapat mengakses selebar-lebarnya pendidikan yang terbaik dan berkualitas, bukan hanya sekolah yang di danai, makan siang, layanan kesehatan, serta angkutan umum gratis untuk pelajar

Belajar mengajar yang efisien

di Finlandia setiap 12 orang anak di asuh oleh 1 orang guru, sehingga interaksi antara si anak dan guru baik, begitupun sebaliknya, selain itu guru bisa lebih mengenal dan menilai anak asuhnya, selain itu di sana tidak di kenal dengan Ujuan Nasional, tidak ada tes wajib untuk siswa hingga usia 17-19 tahun, guru yang melakukan penilaian, dan penelian tersebut pun bukan untuk syarat naik kelas, kelulusan, ataupun peringkat kelas, melainkan hanya informasi untuk meningkatkan kualitas siswa.

angkat-tangan-di-kelas

Guru Mempunyai Otonomi Dalam Mengajar

kalau di indonesia di kenal dengan kurikulum 2013, serta seluruh guru harus mengikuti kurikulum yang berlaku, lain halnya di Finlandia, guru sepenuhnya diberi kebebasan membuat kurikulum sendiri dan menerjemahkan standar itu.

Tidak adanya Kompetisi

Sistim pendidikan Finlandia tidak mengenal kompetisi dan sistim peringkat. Tidak ada persaingan antar sekolah. Tidak ada istilah guru terbaik. Semua didorong bekerjasama satu-sama lain untuk kemajuan pendidikan.

Waktu Istirahat yang Cukup

Siswa di Finlandia beristirahat selama 75 menit perhari. Kemudian ada istirahat 15 menit per setiap pelajaran berakhir, orang Finlandia percaya istirahat yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi yang cukup bagi siswa, selain itu yang menarik yaitu sekolah di sana di mulai dari pukul 09.00 atau pukul 09.45 sampai pukul 14.00 atau 14.45.

Kesetaraan

dengan adanya pendanaan seluruh sekolah oleh negara, sehingga di sana tidak ada yang diistimewakan dari golongan tertentu, kaya miskin, pintar bodoh dan lain-lain.

excellence-private-education-2015

Pengajaran yang Inovatif

dulu di finlandia pengajaran terfokus per mata pelajaran, seperti matematika, sejarah, fisika dan lain-lain, saat ini Finlandia sedang menjalankan revolusi metode pelajaran yaitu belajar melalui topik/fenomena, contoh: topik terkait Uni Eropa, maka di dalamnya membahas sejarah, geografi, ekonomi, bahasa dan sebagainya.

begitulah gambaran kunci rahasia singkat terkait Negara Finlandia yang sukses dengan pendidikannya yang menuai pujian oleh banyak orang.

BAGIKAN