Ribuan masyarakat Sabang yang baru saja menyaksikan pawai budaya, memadati arena Sabang Fair. Amatan AcehFame di jalan-jalan sekitar menuju lokasi, sempat macet sekitar satu jam. Karena ada sebagian masyarakat turut ke lokasi pembukaan FSF ingin masuk untuk menjemput putra-putrinya setelah pawai.

Tarian massal Ratoh Jaroe menjadi pertunjukan pembuka ajang Budaya dan Industri Kreatif ini. Seratusan Pelajar dan Mahasiswa dari Kota Sabang dengan rentak serasi menghadirkan tarian tersebut. Sementara syair dan pantun Aceh oleh seniman tradisi Media Hus dkk, ikut menghantar item per item serimonial.

Ketua panitia FSF 2014 yang juga wakil walikota Sabang, Tgk. Nazaruddin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa event ini berusaha mengangkat daya positif yang menjadi wadah berkelanjutan dibidang seni dan industri kreatif. Pemko Sabang berkomitmen agar agenda ini berkelanjutan sebagai pra event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA).

“Kita berupaya menjadikan event Festival Sabang Fair ini menjadi rangsangan positif yang nantinya dapat menjadi katalis seni budaya dan industri kreatif Aceh, dan bisa mengankat perhelatan ini kedepan bertaraf nasional bahkan internasional” ungkapnya.

Namun dalam sambutannya sebagai ketua panitia, Nazaruddin juga mengakui tentang masih banyak keterbatasan oleh pihak penyelenggara, seperti belum maksimalnya mengundang partisipasi elemen budaya dan seni kreatif di Aceh yang lebih luas.

Ajang budaya 23 Kabupaten/Kota di Aceh ini sendiri, resmi dibuka oleh Deputi Bidang Pengelolaan Perbatasan  Kementerian dalam Negeri Dr. Ir. Suhatmansyah IS, M.Si. Festival ini rencananya akan berlangsung sampai tangal 24 Juni 2014. Selain melestarikan nilai-nilai budaya Aceh, acara ini menargetkan akan terjadi transaksi pasar perputaran uang sekitar 2,5 milyar rupiah.

Sebagai informasi bagi anda yang ingin berkunjung, semua kegiatan FSF 2014 dipusatkan di Kawasan arena Sabang Fair. Sebelum pembukaan FSF tahun ini, Suhatmansyah juga berkenan membuka Lokakarya dalam rangka kegiatan Pembangunan terpadu kawasan perbatasan, dengan Tema Pengembangan Pusat Kegiatan Strategis Nasional PKSN 2014. [Mahfud T]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.