Musim mudik lebaran sudah tiba. Tentu banyak hal menarik ketika kita mudik ke kampung halaman. Sekian lama berada di rantau dan jauh dari keluarga, pasti ada banyak sekali perubahan dan harus kita update dari kampung halaman.

Mudik biasanya dilakukan selama satu minggu di kampung. Selain tips mudik yang sering anda baca ada hal lain yang sebaiknya diperhatikan ketika sedang berada di kampung halaman, diantaranya sebagai berikut:

  1. Nikmati suasana rumah ketika anda pulang kampung, siapa tentangga baru dan sekeliling rumah, lihatlah masyarakat disekitar rumah, secara sosial banyak berubah. Kenalilah mereka satu persatu di lorong Anda serta sanak saudara yang dekat. Hubungan hangat keluarga anda di kampung halaman juga tergantung oleh respon Anda ketika pulang kampung.

  2. Bisa jadi orang kampung menilai anda sukses, kenapa? Selain jarang dilihat Anda itu tinggal di kota atau di daerah lain, jangan terlalu terpengaruh dengan situasi itu, berikan pandangan menarik dari pengalaman Anda dan bersikaplah sederhana, jangan berlebihan sehingga membuat orang lain berekspektasi terlalu tinggi terhadap anda.

  3. Ingatlah kembali teman-teman lama, boleh jadi Anda akan bertemu mereka ketika berjalan ke suatu tempat di sekitar kampung. Jangan ragu saling menyapa, jangan pernah melupakan teman-teman masa lalu, walaupun anda bertemu dalam situasi berbeda.

  4. Cobalah menikamti masa liburan dengan situasi baru, kunjungi tempat-tempat wisata dan tempat-tempat unik di kampung halaman anda, dokumentasikan dan share kepada kerabat, siapa tahu hal yang biasa anda lihat di kampung, menjadi hal yang luar biasa dan menarik minat orang lain untuk berkunjung ke kampung halaman Anda. [jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.