Banda Aceh – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) menggelar aksi damai di Bundaran Simpang Mesra, Lamnyong, Banda Aceh Jumat, 28 Oktober 2016. Aksi ini dilakukan oleh Korwil I Himapol Indonesia, dari beberapa Universitas di Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dan Universitas Malikussaleh.img_9149

Aksi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Dalam aksi ini, mereka menggugat pemuda yang selama ini terkesan tidak peduli terhadap permasalahan sosial di sekitarnya. Menurut Koordinator Aksi Teuku Muhammad Razeki “permasalahan bangsa saat ini adalah minimnya anak muda yang peduli dan berani menyuarakan kebenaran”.  mereka juga menggelar spanduk yang bertuliskan “Pemuda, Apa Masih Ada?”. “ini adalah bentuk Autokritik yang dilakukan pemuda, untuk menyadarkan kawan-kawan yang apatis terhadap kondisi sosial masyarakat saat ini” tambah Rezky Adha, salah satu peserta aksi.

Aksi ini dimulai dari Lapangan Tugu Darussalam, dengan melakukan longmarch dengan menggunakan sepeda motor hingga Bundaran Simpang Mesra. sampai di Simpang Mesra, mereka turun dan melakukan orasi-orasi yang berkaitan dengan pemuda. Aski yang dilakukan Himapol ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.  Aksi ini  juga berlangsung damai dengan kawalan polisi dan berakhir pukul 11.00 WIB.