Banda Aceh – Dari pemberitaan media akhir-akhir ini tentang Forum Komunikasi Generasi Muda Pidie (Fokusgampi) yang diklaim terlibat politik praktis pada momentum Pilkada Aceh 2017 ini merupakan hal yang keliru. Sekretaris Jendral Fokusgampi Juvinda S.Ip akan meklarifikasi pemberitaan miring tersebut.

Jadi kenapa sih, Fokusgampi tidak senang “dituduh” berpolitik?. Nah, berikut ini kita akan memaparkan alasannya.

1.Menjalin Silaturahmi

Fokusgampi hanya memenuhi Undangan dari salah Calon Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman. Kehadiran Fokusgampi murni hanya sekedar menjalin Silaturahmi. tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan politik praktis pada Pilkada 2017. siapapun calon-calon yang bertarung pada Pilkada 2017, baik itu Gubernur maupun Bupati/Walikota, jika ada yang mengundang, Fokusgampi akan berusaha memenuhi undangan tersebut hanya untuk bersilaturahmi.

2. Fokusgampi bukan Lembaga Politik

Fokusgampi bukanlah sayap politik darimanapun, Fokusgampi murni Organisasi Kepemudaan yang peduli terhadap masyarakat Pidie. Kemudian menurut Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Fokusgampi, menyatakan Fokusgampi tidak boleh terlibat politik praktis. dan apabila Fokusgampi terlibat dalam politik praktis jelas itu melanggar AD/ART Fokusgampi.

3.Bentuk Sikap

Muhammad Ikhsan, Ketua umum Fokusgampi berulang kali menyatakan sikap, bahwa secara lembaga Fokusgampi tidak akan mendukung calon manapun dalam Pilkada Aceh 2017. Ini merupakan bentuk ketegasan Fokusgampi.

nah, itu dia alasan kenapa Fokusgampi tidak akan terlibat politik praktis dalam Pilkada 2017.  Pastinya itu akan melanggar AD/ART Fokusgampi. Tapi Fokusgampi tidak menutup akses pengurus dan kadernya untuk terlibat dalam politik praktis. “asal tidak membawa nama lembaga boleh saja” kata Muhammad Ikhsan saat ditemui di Sekretariat Fokusgampi di Jalan T Hasan Dek No.282 Jambo Tape, Banda Aceh pada hari Jumat, 14 Oktober 2016. “Momen Pilkada 2017 adalah tempat belajarnya anak muda Aceh dalam memahami politik, siapapun boleh ikut. saya atas nama pribadi sangat mengapresiasi apabila seluruh pengurus atau kader mendukung salah satu calon yang bertarung dalam Pilkada kali ini namun tidak membawa nama organisasi atau lembaganya” tambah Juvinda. Juvinda S.Ip selaku Sekretaris Jendral Fokusgampi berharap pemuda untuk paham tentang situasi politik saat ini dan berhati-hati mengambil langkah.

Jadi, berita miring yang menimpa Fokusgampi saat ini, merupakan hal yang keliru dan salah, dan tidak dapat dipercaya. sesuai dengan kalrifikasi petinggi Fokusgampi