Ukuran kenyamanan dan kedamaian itu memang relatif. Namun bukan berarti tak ada standarisasi yang bisa dirujuk. Seperti biasanya Global Peace Index, kembali mengeluarkan rilisnya menganai sepuluh negera yang paling damai dan nyaman di dunia.

Pemilihan negara-negara tersebut dinilai dengan menggunakan banyak indikator. Adapun indikator yang digunakan untuk menakar kedamaian di suatu negara antara lain, tidak adanya aktivitas teroris, konflik internal didialam negara, teror politik, jumlah pembunuhan dan beberapa indikator lainnya.

Sebagaimana dilansir forbes.com, berikut ini adalah daftar sepuluh negara yang paling damai di dunia, menurut Global Peace Index tersebut:

1. Islandia
Sebuah negara Nordik yang terletak di barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia memang dikenal dengan iklim yang dingin. Walaupun cuaca begitu dingin wilayah tersebut, negara ini dinilai sebagai negara yang paling damai di antara 162 negara di dunia.

2. Denmark
Negara Denmark merupakan negara Eropa yang paling damai. Jika diukur dengan luas wilayah, Denmark termasuk negara kecil. Namun boleh jadi karena luas negara Denmark yang kecil, juga sebagai alasan negara ini nyaman untuk ditinggali.

3. Selandia Baru
Selandia Baru adalah negara demokrasi parlementer dan sebuah wilayah Persemakmuran Britania (Commonwealth Realm). Secara konsisten, Selandia Baru ternyata selalu masuk ke dalam daftar negara paling damai.

4. Austria
Apapun pendapat Anda, untuk masalah perdamaian dan kemakmuran, Austria tahun ini dinobatkan diurutan ke empat, termasuk ke dalam daftar negara paling damai, dibandingkan tetangganya, Jerman.

wellington_5. Swiss
Kalau soal demokrasi dan kekebasan berpendapat, Swiss sebagai negara yang nyaman untuk beropini, negara ini juga terus menjaga budaya politik yang terbuka dan memiliki pemerintahan yang cukup stabil.

6. Jepang
Jepang memiliki lebih dari 3.000 pulau yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di timur benua Asia. Menurut GPI, negara Jepang menjadi negara paling bahagia di Asia. Negara yang sering dijuluki negeri matahari terbit ini, memiliki konflik internal yang sedikit dan senjata api juga sulit didapatkan.

7. Finlandia
Finlandia memang pernah ikut berperang di Perang Dunia II, namun kini negara tersebut dinilai cukup damai. Negara ini juga banyak menggunakan kekayaan untuk kesejahteraan rakyatnya lewat dana pendidikan dan kesehatan. Masih ingat Helsinki? salah satu kota di Finlandia, dimana perdamaian Pemerintah Indonesia (RI) dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dilakukan.

8. Canada
Sebuah negara di Amerika Utara. Meskipun tidak dominan dalam kancah politik dunia, negara Canada dikanal memiliki hubungan yang baik dengan negara tetangga. Soal kebersiahan, negara dengan simbol daun maple ini terkenal bersih. Tak hanya bersih, Canada juga dinilai sangat damai.

9. Swedia
Bagi sebagian besar orang Aceh, begitu dekat dengan Swedia. Selama beberapa dekade negara ini dijadikan tempat bermukim Wali Nanggro Aceh dimasa konflik. Negara Swedia ini memiliki tingkat pencurian yang paling rendah dan tidak pernah terlibat dalam perang selama lebih dari 200 tahun.

10. Belgia
Negara tetanga dari Belanda ini, tak hanya terkenal akan cokelatnya. Belgia juga dinilai cukup damai dengan minimnya konflik, sejauh ini jarang kita mendengar kabar tentang peristiwa kekerasan dan konflik yang terjadi di negara tersebut. (Jrz)

Via [Forbes/berbagai sumber]