Ulee Lhee atau biasa juga disebut Ulee Lheu nama sebuah “gampong” yang berada di kawasan pesisir Banda Aceh. Daerah ini hanya 4 Km saja dari pusat Kota. Bagi Anda yang ingin menuju ke pulau Weh – Sabang pasti melewati Ulee Lhee, disini terdapat pelabuhan dan terminal utama penyeberangan kapal feri, rute Banda Aceh – Sabang – Pulo Aceh.

Kawasan Pantai Ulee Lhee adalah salah satu kawasan yang paling parah terkena dampak gelombang Tsunami sepuluh tahun yang lalu. Banyak korban jiwa yang berasal dari Ulee Lhee. Selain menelan banyak korban, sendi-sendi perekonomian masyarakatnya juga ikut porak-poranda oleh bencana Tsunami.

***

Namun kini Ulee Lhee semakin ramai oleh para wisatawan, juga warga kota yang datang untuk berakhir-pekan. Seiring waktu, denyut nadi ekonomi masyarakatnya pun mulai kembali terasa. Apalagi, belum lama ini Pemerintah Kota Banda Aceh telah mewacanakan kawasan Ulee Lhee sebagai salah satu kawasan tujuan wisata, khususnya Wisata Kuliner.

Di Ulee Lhee terdapat beberapa situs yang menjadi saksi kedahsyatan bencana Tsunami 2004 lalu, Mesjid Baiturrahim misalnya, yang tetap kokoh meskipun gelombang dahsyat menerjangnya atau Kuburan Massal yang menjadi tempat ribuan korban Tsunami di semayamkan. Tak jauh dari Ulee Lhue juga terdapat Kapal (PLTD) Apung dengan berat 2.600 ton yang terseret gelombang Tsunami hingga 3 Km dari bibir pantai.

Untuk mereka yang menyukai momen Sunset, pantai Ulee Lhee juga terkenal dengan pesona sunsetnya yang menakjubkan. Menikmati matahari turun perlahan lalu menghilang di balik pegunungan adalah pengalaman eksotic yang sulit untuk dilewatkan.

Kawasan Ulee LheeSelain itu, kawasan pantai ini juga terdapat spot memancing yang menarik bagi mereka yang suka memancing dan ingin merasakan sensasi strike dari ikan jenis Kakap (L. Campechanus), Kerapu (Epinephelus sp), Rambeu (Giant Travelli) dll. Atau bagi para fishing addict yang tidak puas hanya memancing di pantai bisa menyewa perahu guna memancing di laut.

Pada senja menjelang malam hari, di sepanjang jalan pantai Ulee Lhee banyak kita jumpai para pedagang yang menjajakan berbagai jajanan ringan. Bersantai nikmati jagung bakar di Ulee Lhee sambil menikmati semilir angin laut menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Kini kawasan Ulee Lhee sudah menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Kota Banda Aceh. Meskipun Gelombang Tsunami meluluh-lantakkan daerah ini dan menghancurkan sendi-sendi sosial-ekonomi masyarakatnya, Pantai Ulee Lhee tidak pernah kehilangan pesona panoramanya. [Dedi P]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.