Kalau ada malam-malam istimewa yang mesti diketahui oleh kaum muslim, salah satunya ialah malam nisfu Sya’ban. Menurut risalah pada malam itu Rasullulah SAW menganjurkan umat muslim agar melakukan shalat malam, memperbanyak zikir dan keesokan harinya berpuasa.

Nisfu dalam bahasa Arab yang artinya pertengahan. Malam nisfu Sya’ban berarti malam pertengahan bulan Sya’ban. Tahun ini merujuk almanak 2014, nisfu Sya’ban atau 15 Sya’ban 1434 Hijriah bertepatan dengan 13 Juni 2014. Jadi malam nisfu Sya’ban terhitung sejak terbenamnya matahari tanggal 12 Juni 2014.

Keutamaan malam nisfu Sya’ban seperti yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA, bahwa Rasulluah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah).

Selain dianjurkan memperbanyak ibadah dan berzikir serta melaksanakan puasa pada nisfu Sya’ban sebagian umat muslim diberbagai belahan dunia juga mengenang nisfu Sya’ban sebagai malam perubahan arah kiblat kaum muslim dari Masjidil Aqsa di Yerusalem kearah Ka’bah di Mekkah Al-Mukarramah, Saudi Arabia. [eLz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.