Lhok Seudu, mungkin bagi mereka yang sering melintas pesisir barat-selatan Aceh, tidak begitu memperhatikan keindahan teluk yang satu ini. Kalau dari Banda Aceh, Anda butuk waktu 30 menit tiba di Lhok Seudu. Kawasan pesisir yang asri, dengan teluk nan indah.

Ikan Asin Lhok SeuduSebagai penanda, Anda akan melihat deretan masyarakat yang menjajakan ikan asin khas Lhok Seudu. Kawsan ini terkenal dengan keindahan 2 pantai dan 2 tanjung serta 1 laguna. Kalau Anda berkunjung sekarang sudah ada beberapa Jambo (pondok) Rumah makan dibangun, untuk persinggahan para wisatawan atau mereka yang sedang dalam perjalan lintas Barat-Selatan.

Mata pencarian utama bagi masyarakat Lhok Seudu adalah nelayan. Kalau kita melewati pantai itu, ratusan perahu nelayan warna-warni memenuhi bibir pantai. Tentu semakin menambah nuansa keindahan pantainya. Sebagian masyarakat lainya, juga berprofesi sebagai petani/pekebun, karena memang Lhok Seudu juga kawasan pegunungan. Jika sedang musim durian, rata-rata masyarakat Banda Aceh akan datang berburu durian segar ke Lhok Seudu dan Lhong.

Puncak Lhok SeuduTidak cukup dengan keindahan panai dan laut? Anda masih bisa menyusuri taman bawah laut juga. Keindahan bawah lautnya, ternyata sangat mempesona. Laut di Lhok Seudu cukup dangkal, kira-kira 1,5 meter- 2 Meter saja. Kita dengan leluasa melihat ikan-ikan hias yang bermain di terumbu karang.

Mungkin masih diperlukan penataan lebih baik dari sisi program wisata di Lhok Seudu ini, Tapi satu yang pasti, keindahan Lhok Seudu memang sebuah karunia Illahi yang patut kita syukuri dan selalu menjaganya. Saat mentari tengelam rona kemerahan memancarkan lembayung, seperti menggoda kita untuk selalu berkunjung kesana. [Jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.
  • Mask Natikawa

    kemaren sempat bernti foto-foto, memang mantap sob! (y)

  • Din Nurrahman

    nyan ban memang lagak that..