Ketika mempelai perempuan duduk di singgasana kecil untuk menerima ucapan dan doa dari keluarga serta kerabat. Sebelum bersandingan di hari pesta terlebih dahulu dimulai dengan prosesi adat hantaran ala Melayu yang dibawa mempelai pria. Secara prinsip adat Malaysia ini tak jauh beda dengan yang ada di Aceh atau Indonesia pada umumnya.

Malam hantaran hanyalah adat di dalam perkawinan melayu dan telah dilakukan sejak turun temurun. Jumlah barang dan uang hantaran ditawarkan oleh pihak laki-laki, tetapi uang hantaran sebenar ditetapkan oleh keluarga pihak perempuan dari hasil musyawarah yang disepakati kedua belah pihak ketika proses meminang atau pertunangan.

Sementara itu berinai juga merupakan sebuah prosesi penting dalam budaya Malaysia yang biasanya dilakukan menjelang acara pesta pengantin. Kalau di Indonesia berinai ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di Sumatra. Namun sebenarnya budaya berinai juga dikenal di wilayah-wialayah lain di Asia seperti di Singapura, India, Pakistan dan Brunai Darussalam. Dulunya berinai hanya sekedar memerahkan jari-jari tangan dan kaki, kini sudah berkembang sedemikian rupa sehingga ukirannya mirip body painting bercorak India dan Pakistan. [Jrz]

Video by [Diera Bachir]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.