Menikmati makanan pedas memang asyik, apalagi kondisi cuaca lagi mendung dan musim hujan seperti saat ini. Makan pedas salah satu solusi yang dapat menghangatkan suasana. Aceh salah satu daerah yang terkenal dengan makanan pedas, terutama di kawsan pantai Barat-Selatan Aceh, yang lebih kaya dengan racikan bumbu pedasnya.

Suka atau tidak suka makanan pedas, memang hanya soal selera dan kebiasaan. Tapi taukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan pedas itu dapat membantu mengurangi kalori dari makanan lain yang anda makan. Makan pedas pun bisa menurunkan tingkat obesitas, jika dilakukan secara teratur. Masih penasaran? Berikut 5 manfaat makanan pedas yang kami lansir dari laman Boldsky:

1. Membantu pernapasan
Cabai dan kunyit memang selalu berdampingan dalam bumbu masak di Aceh. Perpaduan keduanya akan membantu Anda bernapas lebih mudah. Menurut tradisi pengobatan India, kunyit dapat mengurangi masalah gangguan pernapasan. Campuran cabai dan kunyit akan mengurangi iritasi paru-paru, dan lebih tahan terhadap polusi dan infeksi.

2. Membebaskan beban pikiran
Cabai selain memiliki kadar vitamin C yang tinggi, sensasi pedasnya bila dicampur dengan aneka bumbu seperti kayu manis atau daun mint, bisa mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Dalam beberapa studi, daun mint bisa meningkatkan ingatan.  Namun penelitian akan ini masih terus dilakukan.

3. Menurunkan berat badan
Hingga kini Jalapenos adalah jenis cabai yang diyakini sebagai cabai terpedas di dunia. Makanan pedas ternyata bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Namun bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan makanan pedas, sebaiknya berpikir terlebih dahulu dan periksa kondisi lambung anda. Karena mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan tidak baik bagi lambung.

4. Pencegah kanker
Berikut adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari makanan pedas. Menurut penelitian sebuah lembaga di Amerika yaitu American Association of Cancer Research, senyawa dalam cabai, dikenal sebagai capsaicin, memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa jenis kanker dan sel-sel leukemia.

5. Sebagai dekongestan
Salah satu manfaat yang paling umum dari makanan pedas adalah membantu mengurangi sinusitus Anda dan juga meringankan saluran hidung tersumbat. Makanan pedas seperti lada, meningkatkan suhu tubuh dan ini bisa sangat efektif dalam memerangi demam dan mengurangi gejala flu.

Nah, kesimpulannya ada banyak sekali manfaat bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas. Tapi jika sudah dilakukan secara berlebih, tentu saja segala sesuatu pasti memiliki efek negatif. Andai saja, Anda kurang berhati-hati dan kurang kontrol dalam mengkonsumsi makanan pedas, gejala yang sudah pasti akan timbul diantaranya masalah pecernaan dan gangguan pada lambung. [saung99/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.