Mendengar kata Ubi jalar, ingatan kita langsung terbawa ke Saree, Aceh Besar. Kawasan ini memang dikenal dengan aneka ubi yang dijajakan oleh pedagang. Mulai yang masih segar dan baru gali petani hingga yang sudah diolah menjadi keripik dalam berbagai rasa serta ukran. Malah kini anda bisa mendapatkan produk olahan keripik ubi Saree yang masih hangat langsung dari penggorengan.

Tahukah Anda? Dibalik rasanya yang gurih dan renyah kandungan zat tepung pada ubi dapat diserap tubuh sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Ubi terutama ubi jalar yang dagingnya berwarna kuning dan oranye, mengandung Omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Ubi juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Ubi jalar Orange
Ubi jalar Orange

Selain kandungan nutrisinya, ubi jalar juga bermanfaat untuk kecantikan. Ubi jalar memiliki banyak warna, tapi warna ubi jalar kuning, orange dan cenderung jingga menandakan tingginya kandungan beta-karoten dan antosianin di dalamnya. Beta-karoten dan antosianin inilah yang berperan penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja khasiat ubi jalar untuk kecantikan? Berikut ini beberapa keterangan penting, seperti dilansir dari Style Craze.

1. Menjaga elastisitas dan kecantikan kulit
Ubi jalar merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dibutuhkan untuk produksi kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu vitamin A dan vitamin E dalam ubi jalar akan menjadikan kulit lebih indah dan sehat. Karena itu rajin-rajinlah mengonsumsi ubi jalar.

2. Mengatasi kulit berminyak
Ubi jalar juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak, lho. Caranya rebus ubi jalar, biarkan hingga dingin lalu haluskan. Tambahkan satu sendok makan madu dan gunakan untuk masker di wajah. Biarkan tinggal selama 20-30 menit dan bilas dengan air. Masker tersebut juga berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini.

3. Meningkatkan tekstur kulit
Jika Anda merebus ubi jalar, jangan buang air rebusannya. Air rebusan ini mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan tekstur kulit sekaligus membersihkannya. Saring air rebusan ubi jalar, kemudian simpan dalam botol dan letakkan di lemari es untuk mendinginkan. Gunakan air ubi jalar ini sebagai toner untuk kulit wajah. Toner alami ini akan membantu menyerap kotoran, membersihkan pori-pori, dan menenangkan kulit yang teriritasi.

4. Menghaluskan tumit
Jika kulit di kaki Anda kering dengan tumit yang pecah-pecah, gunakan air rebusan ubi jalar untuk menghaluskannya. Biarkan air sampai tidak terlalu panas (hangat-hangat kuku –red) kemudian rendam kaki Anda di dalamnya. Jika ini secara rutin dan teratur Anda lakukan hasilnya akan diperoleh lebih cepat.

5. Mengatasi lingkaran gelap dan mata bengkak
Tak hanya timun atau kantung teh, kantung mata dan lingkaran gelap di bawah mata yang membandel juga bisa dirawat dengan ubi jalar. Ambilah potongan ubi jalar segar yang sudah didinginkan kemudian tempelkan di bagian bawah mata Anda. Diamkan beberapa menit agar nutrisinya terserap kulit. [tsr/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.