Kopi dingin, teh dingin, sanger dingin, aneka juice dan segala minuman yang dingin-dingin lainnya pasti disukai oleh banyak orang. Apalagi dalam cuaca panas seperti di Aceh saat ini. Ketika membeli minuman di kedai kopi atau restoran biasanya kita suka menambahkan es, bahkan di Aceh ada istilah es kosong untuk sebutan segelas air putih yang dibubuhi es batu.

Karena sukanya minuman dingan yang diberi es kadang kita lupa mengetahiu apakah es batu yang kita konsumsi tersebut aman dan higenis? Pertanyaan lainnya, apa es batu itu terbuat dari air matang (air yang di masak-red) atau tidak? Es batu yang terbuat dari air mentah bisa mengandung bakteri e-coli, yang akhirnya berdampak buruk pada kesehatan. Bahayanya bakteri e-coli selain menyebabkan masalah pencernaan, merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak.

Memang tidaklah mudah untuk sekedar mengetahui secara langsung es batu yang terbuat dari air mentah ataupun matang. Apa lagi kalau harus ditanyakan kepada empunya resto, bisa-bisa malah ditanggapi lain.

Balok Es
Balok Es

Untuk membantu Anda mengidentifikasi bentuk es batu yang terbuat dari air mentah dan air yang matang, berikut ini cara praktis membedakannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Es batu dari air mentah
Penampilan es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya. Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balokkan atau es dalam bungkusan plastik. Es balok ini sudah pasti sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar.

Es batu dari air matang
Sementara itu es yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Hal tersebut dikarenakan gas atau oksigen yang ada di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi. Selain itu, ketika proses pendinginan hanya sedikit saja gas yang terperangkap dalam es, karenanya kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.

Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu sekarang ini sudah banyak dijumpai di berbagai restoran. Es batu jenis ini lebih aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri didalamnya, sebab air yang dipakainya adalah air matang.

Kini Anda tentu jadi lebih awas dalam membedakan mana es batu yang terbuat dari air matang dan air mentah. Terlebih lagi ketika memilih minuman bagi anak-anak. Semoga bermanfaat. [SIS/edt-jzr]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.