Al-Masjid El-Aqsa merupakan nama arab yang berarti Masjid terjauh. 10 tahun setelah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, beliau melakukan perjalanan malam dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Jerusalem) dan kemudian menuju langit ketujuh untuk menerima perintah shalat 5 waktu dari Allah, peristiwa ini disebut Isra’ Mi’raj.

“Maha suci Allah yang menjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Majidil Aqsha yang Kami berkahi sekelilingnya agar Kami memperlihatkan kepadanya sebahagian tanda-tanda (kebesaran) Kami” (QS. 17 Al-Isra’ :1).

Rasulullah SAW memerintahkan umat muslim tidak hanya untuk mengunjungi Mekkah, tapi juga Masjid Al-Aqsa berjarak sekitar 2000 kilometer sebelah utara Mekkah. Sebelum turun perintah menjadikan Mekkah sebagai kiblat shalat umat muslim, selama 16 bulan setelah Isra Miraj, Jerusalem pernah dijadikan arah kiblat.

Masjid Al-Aqsa bangunan tertua kedua setelah Ka’bah di Mekkah, dan tempat suci dan tempat terpenting ketiga setelah Mekkah dan Madinah. Luas kompleks Masjid Al-Aqsa sekitar 144.000 meter persegi, atau 1/6 dari seluruh area yang dikelilingi tembok kota tua Jerusalem yang berdiri saat ini. Dikenal juga sebagai Al Haram El Sharif atau oleh kaum yahudi menyebutnya Kuil Sulaiman. [elz]

Rujukan : [dari berbagai sumber]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.