Alangkah sedihnya ketika warna-warna pakaian favorite Anda terlihat kusam. Selain karena faktor yang memang sudah lama dipakai, bisa juga hal tersebut terjadi akibat dari keseringan dicuci dan bisa pula karena Anda tidak mengikuti aturan yang dianjurkan saat mencuci pakaian.

Untuk menghindari segala kemungkinan yang menjadikan pakaian kusam, Anda dapat mengikuti beberapa tips sebagai berikut :

1.  Pakai deterjen khusus
Setiap membeli deterjen, ketahui dahulu jenisnya. Deterjen ada yang khusus dibuat untuk pakaian putih, ada juga untuk membasmi noda. Ada yang khusus untuk pakaian berwarna. Nah, jika pakaian kesayangan Anda penuh dengan warna. Anda sebaiknya menggunakan jenis deterjen yang terkahir agar warna-warna tersebut lebih tahan lama dan selalu awet.

2.  Jangan campur dengan pakaian bernoda
Biasakan merendam pakaian dengan memisahkan pakaian terebih dahulu, pisahkan pakaian warna cerah dengan pakaian lain yang memiliki noda sulit dihilangkan, misalnya noda saus tomat, tanah, dan sebagainya. Ini menghindari warna noda tersebut menempel pada warna pakaian Anda.

3.  Jangan jemur langsung di bawah matahari
Menjemur langsung pakaian di bawah sinar matahari dapat membuat warna-warna cerah akan cepat kusam. Sebaiknya angin-anginkan saja pakaian Anda di tempat yang teduh, jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

4.  Caba memakai cuka
Menurut housekeeping.com, penambahan cuka pada proses pencucian baju juga bisa membuat warna pakaian tetap awet dan cerah. Walaupun bau dari cuka membuat kita sedikit menutup hidung, hal tersebut bisa hilang setelah dibilas.

5.  Jangan penuhi mesin cuci
Menjejali mesin cuci dengan pakaian memang menghemat waktu karena tidak perlu berkali-kali mencuci. Namun, ini adalah cara yang tidak benar karena kinerja mesin cuci juga akan tidak maksimal. Anda bisa perhatikan dengan baik, bahwa setiap mesin cuci memiliki kapasitas yang disarankan. Jika Anda mencuci melebihi kapasistas bisa-bisa berdampak pada pakaian. [ftr/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.