Menjelang lebaran hamprir semua kita disibukkan dengan persiapan busana serta perlengkapan menyambut Idul Fitri 1435 H mendatang. Jadi, konsekwensi dari makin beragamnya pilihan bahan pada busana muslim saat ini, membutuhkan pula cara perawatan yang khusus.

Jika ingin pakaian kesayangan Anda terlihat awet dan tetap menarik dalam waktu lama, hal yang mesti diperhatikan ialah bahannya. Untuk diketahui adapun bahan-bahan busana muslim masa kini didominasi oleh jenia sutera, katun, satin, sifon, rajut, katun combed.

Pakaian Berbahan Sifon
Pakaian Berbahan Sifon

Ada pula bahan jersey, batik, kulit. Perancang busana muslim asal Bandung Errin Ungaru, 34, menulis dalam bukunya berjudul Hijab High Fashion The Black Side of Errin Ugaru, bahwa  sifon merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk busana muslim.

Kalau Anda memiliki busana muslim berbahan sifon baiknya tidak dicuci dengan media air hangat, karena akan menyusut. Anda disarankan untuk mencuci bahan sifon pada suhu 40 derajat Celcius menggunakan deterjen lembut seperti deterjen khusus untuk baju bayi.

Bila Anda harus menggunakan mesin cuci, jangan campur kain sifon dengan bahan lain, karena membuatnya rusak. Mencuci dalam waktu terlalu lama juga bisa membuat warna kain tersebut menjadi cepat pudar.

Sebaiknya jangan menggunakan pengering cucian untuk mengeringkannya kaftan dari bahan-bahan sifon. Mengeringkan dengan cara diangin-anginkan merupakan pilihan tepat. Selamat mencoba. [jrz/Kabar24]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.