Mie Aceh? Kalau itu tentu Anda sudah mengenalnya. Kali ini AcehFame akan berbagi cerita tentang mie caluk. Sekilas bentuknya mirip spaghetti ala Italia, dan ada bumbu sausnya juga. Mie caluk sebuah nama penganan berbahan dasar mie yang sebenarnya lebih terkenal di daerah asalnya yaitu Pidie dan Pidie Jaya.

Ciri khas mie ini berukuran lebih besar (diameter lidi –red) jika dibandingkan dengan mie Aceh yang kita kenal. Bumbunya pun mengunakan rempah-rempah alami seperti bawang merah, bawang putih dan cabe. Cara mengolahnya juga sederhana, mie dimasak dengan cara digoreng bersama bumbu. Untuk kuahnya biasanya dimasak terpisah dengan tumisan bawang gorang, cabe, tomat dan bunga kol. Disamping itu ada pula bumbu kacang, saus merah sebagai tambahan ketika disajikan.

Mie Caluk
Bumbu dan Saus Mie Caluk

Mie caluk kini mulai populer tidak hanya di daerah asalnya, tapi kini mulai dijajakan di Kota Banda Aceh, Bireuen dan Lhokseumawe serta bebarpa kota lainnya di Aceh. Kalau anda sempat jalan-jalan sore di seputar kota Banda Aceh, ada banyak pedagang yang menjajakan mie caluk misalnya di kawasan Ulee Lhue dan Peunayong sebelum menaiki jembatan tersebut, anda dapat menjumpai beberapa pedagang yang menjajakan mie caluk sebagai penganan berbuka puasa.

Jika mau yang lebih afdhal tentunya Anda harus ke wilayah Pidie, sekitar 1,5 jam dari Kota Banda Aceh. Grong-grong sebuah daerah yang sejak lama dikenal sebagai pusat jajanan mie caluk. Ketika melintas Medan – Banda Aceh, biasanya banyak yang akan mampir di Grong-grong, sekedar membeli oleh-oleh mei caluak untuk dibawa pulang. Ada puluhan penjual mie caluk yang berjejer di sepanjang jalan di kawasan tersebut.

Untuk menikmati mei caluk sebenarnya relatif murah, Anda cukup mengeluarkan uang 5000 – 7000 rupiah saja, untuk sepiring atau sebungkus mie caluk. Biasanya pejual juga akan membungkus sesuai permintaan pembeli tak ada patokan khusus. Selain Aromanya yang khas, keunikan lain mie caluk biasanya dibungkus menggunakan daun pisang menjadikannya semakin menarik dan menggoda selera. Anda tertarik mencoba? [Jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.