Sekilas bagi mereka yang tinggal di Banda Aceh, mungkin tak begitu perhatian mengenai detail bangunan yang berada tepat disisi kanan lapangan Blang Padang ini. Namun bagi yang baru pertama berkunjung ke Aceh atau mereka yang ingin mengetahui gambaran umum dari dampak bencana gempa dan tsunami 2004 lalu, bisa menemukan info di sini.

Sebuah monumen berbentuk gelombang yang kini telah diwarnai biru dan putih, memang punya kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Perasaan kita seakan terbawa kenangan, kemasa sulit yang dihadapi rakyat Aceh ketika gampa dan tsunami menghadang. Pada prasasti dan lantai monumen itu terpahat data-data kerusakan, jumlah korban jiwa, data kehilangan akibat bencana.

Dibagian belakang monumen terdapat sejumlah ucapan motivasi serta dukungan Internasional bagi Aceh. Semua ditulis dalam berbagai bahasa di dunia. Lalu ucapan terima kasih Aceh kepada negara-negara pendonor mengintari seluruh lapangan Blang Padang. Sayangnya disisi-sisi tertentu monumen terlihat coretan-coretan serta beberapa sisi penyanga bangunan mulai retak. Mungkin karena kurang terawat dan minimnya pengawasan dari pihak terkait. [Jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.