Setiap bulan, perempuan mengalami masa haid yang hadir secara rutin. Gejala umum masa haid muncul dalam bentuk temperamen yang tidak stabil (mudah marah), mudah sedih, mudah lapar dan selalu ingin makan. Gejala tersebut alamiah seiring meningkatnya produksi hormon progesteron dalam periode rutin dalam kalender tubuh perempuan.

Keinginan untuk makan terus-menerus harus diimbangi dengan upaya pengendalian. Jika tidak mampu membendung nafsu makan, setiap perempuan yang sedang haid mesti memperhatikan makanan apa yang akan mereka konsumsi.

Menurut, dr Dewi Inong IranaSpKK,sangat penting untuk tetap memperhatikan makanan apa yang dipilih untuk memenuhi selera pada saat haid.

“Jangan sekali-kali makan makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, makanan tinggi karbohidrat atau garam, makanan berlemak, snack yang mengandung MSG (monosodium glutamate) karena akan berdampak pada kesehatan kulit. Biasanya, kulit akan berjerawat dan semakin berminyak,” paparnya.

Perhatian terhadap kesehatan kulit di masa haid dapat dimulai dengan mengganti cemilan dengan makanan yang sehat. Anda dapat memasukkan buah ke dalam daftar makanan semasa haid. Selain memuaskan hasrat terhadap makanan, buah berdampak positif bagi kesehatan kulit.

Produksi hormon progesteron yang meningkat drastis berbanding lurus dengan produksi minyak pada permukaan kulit, terutama kulit wajah. Tak perlu khawatir, gejala tersebut alamiah. Hormon sangat mempengaruhi sikap-tindak dan kinerja tubuh. Rasa malas, sensitif dan temperamen menjadi wujud nyata betapa hormon sangat mempengaruhi perilaku perempuan saat haid.

Jika kulit terasa sangat berminyak di wajah tidak perlu memakai pembersih, apalagi melakukan scrubbing, facial atau memasker wajah pada saat haid.

“Tidak apa-apa jika muncul minyak berlebihan pada wajah, itu karena di sebabkan hormon progesteron yang masih terbilang tinggi sehingga minyak bekerja lebih aktif,” ujarnya.

Dr Inong menyarankan untuk membersihkan wajah ketika masa haid cukup dengan memakai air putih biasa. Tak perlu menggunakan kosmetik atau pembersih khusus. [Dara Hersavira/-Dys]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.