Sejak jalur lintas Tapaktuan-Medan dibangun awal 2013 lalu, jalan alternatif dari gampong Air Pinang hingga ke Ujoeng Batee, mulai ramai disinggahi pengunjung. Mereka yang rehat sejenak melepas lelah di perjalanan lintas Barat Selatan Aceh menuju Medan atau para pengunjung antar kecamatan di Aceh Selatan serta wisatawan berbagai kebupaten di Aceh dan Sumatera Utara.

Kawasan Wisata Cemara Ujong Batee memang indah. Terletak di perbatasan Gampong Ujong Batee, Pasie Raja dan Gampong Air Pinang Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan. Panjang pesisir pantai nan landai ini sekitar 3 kilometer. Suasana romantis akan menerpa Anda ketika angin meniup ribuan pohon cemara di kawasan itu. Kini masyarakat sekitar secara swadaya telah mendirikan puluhan kadai sederhana untuk menyambut pengunjung.

Wisata Cemara Ujong Batee 1Segarnya kelapa muda, yang didatangkan dari kawasan Pasie Raja dan sekitarnya jadi pilihan favorite para pengunjung. Jika Anda ingin sajian hangat secangkir kopi tubruk khas Aceh Selatan sudah menanti, tersedia pula aneka jus buah dan softdrink. Meskipun dikelola secara swadaya, para tokoh masyarakat setempat berharap adanya perhatian dari pemerintah agar lebih serius menata objek wisata ini.

“Harapan kita pemkab Aceh Selatan atau Pemerintah Aceh mau membantu dalam penyediaan fasilitas umum dan program pariwisata, yang kini sudah kami mulai secara swadaya ini. Tentunya dalam bentuk wisata yang Islami sebagimana keinginan seluruh masyarakat di sini” ujar Tasar, sekdes Gampong Ujong Batee kecamatan Pasie Raja, ketika dihubungi AcehFame, Jumat (15/08/2014)

Gelombang Tujuh

Wisata Cemara Ujong Batee 3Ada yang menarik perhatian kita di kawasan Wisata Cemara Ujong Batee, dan kabarnya hanya satu-satunnya di Aceh, yaitu Gelombang Tujuh. Memang jika diperhatikan gelombang di tempat itu cukup unik, ia seperti bekejaran satu sama lain, berlapis-lapis membentuk saf dan teratur rapi. Maka masyarakat setempat menyebutnya Geulumbang Tujoh atau Gelombang tujuh lapis.

Keunikan gelombang tujuh ini tampak lebih indah jika kita melihatnya dari atas ketinggian. Saat Anda berada dipendakian gunung Alur Kering, gelombang tujuh yang saling bekejaran tersebut dapat Anda abadikan. Banyak wiastawan yang sengaja singgah dan menepi saat berada diatas pegunungan sekedar menyaksikan romantika gelombang tujuh yang saling berlomba menuju pantai.

Objek menarik lainnya adalah dinding-dinding batu cadas yang kokoh disepanjang pegunungan. Bila Anda lebih teliti sebenarnya dinding-dinding batu tua tersebut, nampak seperti dinding yang dilukis abstrak. Bakhan dulunya terdapat air yang mengalir dari celah-celah bebatuan. Sayang kini mulai kurang terawat dan di beberapa tempat terdapat coretan-coretan tangan yang nakal.

***

Wisata Cemara Ujong Batee 4Pantai yang bersih dan belum tercemar itulah pesona keindahan kawasan Wisata Cemara Ujong Batee. Saat sore menjelang, Anda dapat menunggu matahari yang pulang, tepat di ujung tanjung Tapaktuan. Banyak orang yang sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati Sunset atau sekedar mengabadikan momen-momen indah sebelum senja.

Bagi yang punya hobi jepret sana-sini, atau Anda seorang Photografer profesioanal, dipastikan tak akan kehabisan ide, karena selain pesona pantai dan Sunsetnya, masih banyak objek menarik yang mengisi lensa kamera Anda, seperti sungai-sungai kecil di sepanjang jalan serta pegunungan dengan aneka satwa yang masih mudah kita jumpai disini. Berikut beberapa foto yang sempat diabadikan kontributor Aceh Fame. Anda penasaran menyaksikan keindahan Wisata Cemara Ujong Batee? [jrz]

Jalan Alternatif Cemara Ujong Batee
Jalan Alternatif di kawasan Wisata Cemara Ujong Batee
Jelang sore di Cemara Ujong Batee
Jelang sore di kawasan pantai Cemara Ujong Batee