Seratusan penari putri menghentak-hentakan tangan dan badan, diiringi syair-syair dilantunkan 2 Syeh (sebutan untuk pemimpin tari -red). Sepintas tarian ini hampir mirip dengan tari Saman, namun berbeda dengan Saman yang banyak menggunakan gerak pada badan, Ratoh Jaroe adalah perpaduan gerakan tangan dan badan.

Pelatih tari M. Fauzan, yang juga merupakan pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang itu, mengungkapkan beberapa perbedaan hal mendasar dari kedua jenis tarian Aceh tersebut. Menurutnya identitas tari Saman biasanya dilakukan oleh laki-laki, sedangkan Ratoh Jaroe oleh penari perempuan.

“Tarian ini malah lebih popular diluar Aceh, bila ada acara-acara lomba dan event perpisahan sekolah khususnya Jakarta tarian ini banyak ditampilkan, dan orang mengira ini Saman” kata Fauzan kepada AcehFame, saat bertemu disesi latihan dikawasan Sabang Fair (14/6/14).

Acara pembukaan Festival Sabang Fair 2014, pada 18 Juni tarian ini akan ditampilkan secara massal oleh 100 penari yang semuanya dari kalangan Pelajar SMP, SMU dan Perguruan Tinggi. “Tarian ini komposisinya duduk dan memainkan tangan dan kepala, tari ini sepertinya berkembang pesat di Jawa, namun di Aceh sendiri kurang berkembang, kini coba kita angkat kembali,” ungkap Fauzan.

Sejah ini berbagai persiapan pembukaan FSF 2014 telah rampung. Pihak pendukung acara seperti penampilan massal Ratoh Jaroe juga telah melakukan persiapan sekitar 2 bulan yang lalu, dengan porsi latihan 3 kali seminggu.

Anda masih penasaran? Silahkan hadir langsung pada pembukan FSF 2014. Tarian ini akan di gelar secara massal sebelum tari pembuka lain yaitu tari preh jamee pada pembukaan nanti. Selain penari, yang menarik dari tarian Ratoh Jaroe ini tentunya lantunan Syair-Syair Aceh dari 2 Syeh yang handal, berpadu riuh rentak Rapa’i. [Mahfud T].

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.