Bagi yang selalu merasa SD card yang dimiliki tak cukup untuk menampung foto, data atau file lainnya, kini ada solusi terbarunya. Sebuah SD card luar biasa dengan kapasitas melebihi PC rata-rata, kini telah dirilis.

Produsen terkenal SanDisk baru-baru ini mengumumkan dirilisnya Extreme Pro SDXC card (UHS-1), kartu memori pertama di dunia yang memiliki kapasitas 512 gigabyte (GB) –itu artinya lebih dari setengah terabyte (TB).

Sekadar perbandingan, 128GB adalah kapasitas dasar bagi sebagian besar Ultrabooks, juga MacBook Air saat ini. Sementara, 256GB lazim dijumpai pada sebagian besar solid-state disk (SSD) drive pada PC saat ini.

Kartu memori 512GB ini disebut diarahkan bagi video 4K, yang mampu menuliskan semua data yang dibutuhkan demi menyimpan rekaman ultra high-res secara real time. Para fotografer juga akan menyukai kemampuan kartu ini dalam mengikuti kecepatan fotografi high-speed.

Kartu ini juga disebut tahan terhadap beberapa masalah kerusakan dan cacat umum, termasuk terendam dalam air, maupun melewati paparan sinar-X. Hanya saja memang, kapasitas super dan kemampuannya itu tidak dihargai sembarangan, dengan tarif satuannya adalah US$800 (sekitar Rp9,5 juta).

Sementara itu, bagi yang tidak terlalu berminat dengan kapasitas terbesar dunia itu, SanDisk juga masih punya opsi lain di kelas Extreme Pro-nya, yaitu kartu berkapasitas 128GB dan 256GB. [mashable/suara.com]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.