Sanger, mendengar namanya mungkin tak terbanyang oleh Anda bahwa ia adalah sejenis minuman khas di Aceh. Bagi penikmat kopi atau bagi yang pernah ke Aceh, pasti mengenal sanger. minuman ini bisa Anda dapatkan hampir diseluruh kedai kopi di Aceh. Sanger merupakan racikan spesial yang mirip kopi susu atau coffee latte. Tapi jangan salah sangka dulu, sanger jelas bukan kopi susu biasa.

Membuat sanger ternyata gampang-gampang susah, buktinya tidak semua peracik kopi di Aceh bisa meracik sanger. Meskipun sederhana, para pembuat kopi yang mahir sekalipun, mengaku tidak mudah meracik sanger. Karena untuk membuat sanger yang nikmat, butuh ketelitian terutama dalam hal takaran kopi, susu dan gulanya.

Kalau diperhatikan dengan baik, sebenarnya kunci yang membuat kopi dan sanger di Kedai Kopi lebih nikmat adalah pola penyaringan kopinya. Seorang peracik kopi selalu menakar berapa gelas kopi dan berapa lama bubuk kopi berada dalam saringannya. Kalau kopi dalam saringan itu sudah terlalu lama atau melebihi takaran, pasti sudah mengurangi rasa.

Kedai kopi di Aceh, biasanya menggunakan saringan berbentuk kerucut, terbuat dari kain halus (mirip kain kasa). Untuk mendapatkan sanger yang nikmat terlebih dahulu kopinya diseduh dengan cara disaring, setalah diaduk merata, lalu barulah kopi dituang dari saringan kedalam gelas, yang telah dibubuhi susu ditambah sedikit gula. Tersedia dua macam sanger, yaitu sanger panas dan dingin. Anda yang masih penasaran? Ayo berkunjung ke Aceh. [Jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.