Cincau salah satu jenis makanan atau minuman yang populer ketika bulan Ramadhan tiba. Dimana-mana kita lihat banyak pedagang yang menjajakan Cincau sebagai pilihan untuk minuman berbuka puasa. Menikmati segelas cincau dingin saat berbuka puasa tentunya sangat menyegarkan. Selain segar minuman ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

daun cincau hijauCincau dikenal kaya akan mineral terutama kalsium dan fosfor. Bagi Anda yang sedang menjalani diet tentu cincau juga baik dikonsumsi karena tinggi serat dan rendah kalori. Bahkan hasil penelitan dari Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor bersama Fak. Kedokteran Universitas Indonesia menemukan bahwa cincau hijau mempunyai aktivitas anti-oksidan dan mampu mematikan sel kanker.

Sebenarnya Cincau sendiri ada 2 jenis. Pertama, cincau hijau yang dibuat menggunakan tanaman Cyclea barbata. Kedua, cincau hitam yang bahan dasarnya berasal dari tanaman Mesona palustris atau cincau perdu Premna serratifolia.

daun cincau hitamMungkin ada yang bertanya bagaimana prosesnya hingga Cincau berbentuk gel?  Diawali dengan memetik daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun tersebut kemudian diremas-remas dalam air matang. Perbandinganya sekitar 1 liter air untuk 2 genggam daun cincau. Air remasan kemudian disaring dan diendapkan selama satu malam. Dipagi harinya air ini sudah mengental dan membentuk gel.

Anda dapat menikmati segarnya minuman cincau dalam berbagai resep, ada yang membuatnya menjadi es campur, bisa dengan santan dan susu, ataupun jika ingin keasliannya Anda bisa menikmati segelas cincau dingin, hanya dengan air putih ditambah sedikit gula dan sedikt sentuhan jeruk nipis. Hmm.. rasanya pasti sangat menyegarkan.

Namun kita juga perlu berhati-hati manakala cincau dibubuhkan pengenyal dan pengawet. Untuk meraup untung yang lebih, bisa saja oknum pedagang cincau memberi pengawet pada daganganya.  Jika demikian tentu manfaat cincau malah tidak baik lagi bagi kesehatan tubuh. Nah, agar terhindar dari hal tersebut kita mesti pintar-pintar memilih cincau yang baik, dan lebih teliti. [All]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.