Rata-rata kaum muslim di Asia Tenggara termasuk di Indonesia, berpuasa selama 13 jam, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Tapi di beberapa negara dibelahan dunia ini, justru menjalani waktu berpuasa jauh lebih lama. Hal itu disebabkan oleh adanya perbedaan zona waktu dan musim, sehingga pada periode tertentu lamanya waktu siang dan malam bisa juah berbeda.

Inilah beberapa negara yang memiliki waktu berpuasa lebih lama :

1. Negara bagian Skandinavia
Jika menyebut negara-negara di Skandinavia, berarti termasuk didalamnya Swedia, Finlandia, dan Norwegia Tengah. Negara-negara di kawasan ini memiliki jangka waktu puasa selama kurang lebih 21 jam. Jika sedang musim panas, waktu matahari yang terbit disana sangat lama. Hal ini menjadikan puasa bagi kaum muslim diwilayah ini sebagai puasa terlama di dunia. Namun, disana juga diperbolehkan bagi umat muslim untuk berbuka menyesuaikan waktu Saudi Arabia.

2. Rusia
Rusia adalah negara yang terletak dibagian paling utara bumi ini. Masyarakat muslim di Rusia menjalani ibadah puasanya selama hampir 19 jam yakni dari imsak jam 03:15 sampai waktu berbuka puasa pukul 21:37. Namun, bagi kaum muslim di Rusia juga dibolehkan mengikuti waktu negara Arab Saudi, karena kondisi cuaca yang panas dan kering sehingga bila dipaksakan bisa berdampak pada daya tahan tubuh, karena tidak bisa menahan dehidrasi yang cukup lama.

3. Inggris
Inggris sebagai salah satu negara Eropa yang populasi kaum muslim tumbuh dengan pesat. Kaum muslim yang melaksanakan puasa dibulan suci Ramadhan di Inggris, akan menjalani ibadah puasa selama 18 jam 5 menit. Namun pada tahun ini 2014 ini, waktu berbuka puasa di Inggris lebih cepat sehingga durasi puasa di Inggris menjadi 17 jam 45 menit.

4. Amerika Serikat
Di negara paman Sam ini, waktu berpuasa juga tercatat lebih lama, yaitu sekitar 16 jam. Dalam waktu yang lama tersebut, kaum muslim Amerika harus sabar dan bertahan menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu lainnya. Di negara Amerika, tercatat populasi kaum muslim yang tinggal terbanyak, berada di beberapa kota diantaranya California, New York, Ohio, dan Washington.

5. Jepang
Jepang berada di Asia Timur, kaum muslim yang bermukim di Jepang harus menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 16 jam 37 menit. Selain waktu berpuasa yang lama, umat muslim di Jepang juga cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal, karena negara Jepang didominasi oleh umat Budha dan Kristen. [edt/elz]

Via [palingseru.com]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.