Kesadaran para pengusaha dan pengelola restoran di Indonesia semakin tinggi, untuk memiliki sertifikat Halal. Keterangan resmi dari lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyebutkan bahwa hingga semester pertama tahun 2014 terjadi peningkatan restoran-restoran di Indonesia yang bersertifikat halal.

“Per April 2014, di Indonesia yang bersertifikat halal tercatat 877 restoran dan catering.” Ujar Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim di Jakarta, Kamis (5/6/2014). Perkemabangan ini juga diikuti oleh tren dan kecenderungan pengusaha restoran diberbagai kota di Indonesia.

Rincian julmah yang sementara ini didokumentasikan oleh LIPPOM, sebanyak 836 diantaranya berasal dari LPPOM Propinsi di seluruh Indonesia, sedangakan sebanyak 41 dari LPPOM MUI Pusat. Semenara dari 41 tersebut berdasarkan penyebaran outlet yang mencapai 2.424 outlet. “Karena satu resto rata-rata mengelola lebih dari satu outlet,” kata Lukmanul.

Adanya kecenderungan meningkatnya kesadaran pengusaha dan publik tentang pentingnya sertifikasi halal, semakin menyemangati LPPOM MUI untuk terus meningkatkan pola kampanye positif. Sejauh ini LPPOM MUI secara rutin melakukan sosialisasi tentang sertifikasi jaminan halal kepada masyarakat, terutama bagi wisatawan baik internasional maupun lokal. [elz]