Kalau disebut kedai kopi yang paling terkenal di dunia, ya sudah pasti jawabannya Starbucks. Selain punya cabang hampir disetiap negara, Starbuck juga berhasil menciptakan gaya hidup, ngopi ala Starbucks dikemas dalam kultur dan etika profesi yang ketat dan konsisten, yaitu: ”menciptakan pengalaman”. Fokus Starbucks adalah pada penciptaan pengalaman yang menyenangkan – tidak hanya bagi pelanggan, tapi juga bagi karyawan.

Menemui visinya yang telah dibangun puluhan tahun, baru-baru ini Starbucks mengumumkan kabar yang menggembirakan. Walaupun kali ini, kabar baik tersebut tidak terkait langsung untuk para pelanggan setianya. Melainkan sebuah program khusus bagi para karyawan, yang telah bekerja dengan profesional hampir setiap harinya.

Sebagaimana dikutip dari BBC, baru-baru ini Starbucks di Amerika Serikat menyiapkan dana konpensasi yang akan diberikan kepada karyawan yang bekerja selama lebih 20 jam dalam seminggu, agar dapat melanjutkan kualiahnya. Tawaran program ini tentu mendapat sambutan hangat dan gembira oleh para karyawan.

Starbucks menyatakan siap membayar biaya kuliah para karyawannya selama dua tahun pertama, dan bahkan pihak manajemen juga akan membiayai penuh di dua tahun terakhir masa perkuliahan bagi karyawan yang diterima dan mengajukan diri tetap sebagai karyawan pasca kuliah.

Melalui rilis resminya, program pembiayaan kuliah karyawan ini sengaja dilakukan oleh Starbucks guna membantu mahasiswa yang tidak bisa melanjutkan kuliahnya karena faktor biaya. Dari data yang ada, hampir 50% mahasiswa di Amerika Serikat gagal menyelesaikan kuliahnya. “Ketidakadilan di negeri ini membuat banyak warga Amerika tertinggal di belakang. Kita harus melakukan sesuatu,” jelas pimpinan Starbucks, Howard Schultz.

Nantinya, karyawan Starbucks dapat memilih satu dari kurang lebih 40 pilihan jurusan perkuliahan yang diselenggarakan secara online di Universitas Arizona State. Setelah lulus, manajemen Starbucks pun tidak mewajibkan karyawannya bekerja kembali untuk mereka. Karyawan bisa menentukan keinginanya apakah masih ingin melanjutkan kontrak kerja, atau memilih pekerjaan baru sesuai jenjang studinya. [Jz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.