Jika sekarang Anda masih merasa repot oleh pengisian baterai HP yang membutuhkan arus listrik, maka kedepan Anda hanya diminta untuk bersuara atau berteriak dekat handphona Anda, lalu proses pengisian baterai pun berjalan. Semudah itu!?

Para peneliti tengah melakukan eksperimen di mana energi suara bisa digunakan untuk mengisi baterai termasuk telepon genggam. Peneliti di Queen Mary University of London (QMUL) bersanma Nokia telah sukses menciptakan prototipe energi berbagai jenis yang menggunakan latar belakang suara sehari-hari seperti kemacetan, musik dan juga suara sendiri untuk mengisi baterei telepon genggam.

Apabila eksperimen yang sedang berlangsung itu berhasil, maka Anda cukup berbicara atau berteriak saja ke arah telepon genggam Anda untuk melakukan pengisian baterai. Semakin kencang suara teriakan tersebut maka akan semakin cepat proses pengisian baterai telepon genggam Anda.

“Bisa membuat telepon genggam hidup lebih lama dengan memanfaatkan energi yang ada di sekitar kita merupakan konsep yang fantastis. Kolaborasi ini adalah kesempatan untuk mengembangkan alat alternatif dalam merancang metode yang murah. Kami berharap bisa menghadirkan teknologi ini menjadi kenyataan,” kata Dr Joe Briscoe, asisten peneliti di Queen Mary University of London.

Joe bersama Dr Steve Dunn kini tengah bekerja sama dalam proyek tersebut. Keduanya sudah berhasil menemukan cara untuk memutar music pop dan rock dengan memanfaatkan tenaga matahari. [Emirates24/7suara.com/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.