Akhir-akhir ini semua warga di Aceh merasakan suhu udara yang menyengat, dan kondisi cuaca yang sering berubah-ubah. Boleh jadi inilah salah satu cara alam memberi respon dari pola dan perilaku manusia terhadapnya. Mulai terganggunya habitat satwa dan meningkatnya suhu di bumi sebagai efek dari pemanasan global.

Lepas dari perdebatan siapa yang paling benar dan paling salah dalam pengelolaan lingkungan, alam dan lingkungan selalu memberi yang terbaik bagi kehidupan manusia, tentu jika kita merawatnya. Maka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tanggal 5 Juni 2014 patut didukung dan dirayakan bersama dengan kegiatan positif.

Perayaan hari lingkungan hidup di Aceh 2014 diisi dengan penanaman seribu Magrove untuk Meuraxa, dipusatkan di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Kamis (5/6/14). Acara ini diinisiasi oleh jaringan WALHI melibatkan pemko Banda Aceh, Bapedal, Kantor Lingkungan Hidup, LSM lingkungan, komunitas lingkungan, duta lingkungan, Himpunan Mahasiswa FKIP Kimia (HIMKA) Unsyiah, perangkat desa, ibu-ibu PKK, dan siswa-siswa SMA setempat.

Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan agar makin banyak orang mencintai lingkungan, semakin peduli dan peka terhadap permasalahan lingkungan hidup di sekitar. “Kita ingin menjalin kerjasama serta memperluas jaringan dengan instansi pemerintahan, masyarakat dan komunitas siswa serta mahasiswa agar mempermudah akses pembelajaran lingkungan dan proses kampanye lingkungan di Aceh.” kata Ainul Mardhiah SPd selaku ketua Panitia.

Sebuah langkah yang baik tentunya. Semoga peringatan hari lingkungan hidup yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Juni tersebut, menjadi kegiatan rutin, bahkan bisa jadi pilihan aktivitas yang menyenangkan bagi kita semua. Karena semua kita berharap Aceh mampu meminimalisir kerusakan lingkungannya hingga lebih sejuk, nyaman, dan lestari. [eLz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.