Ramadhan datang lagi. Bulan istimewa bagi umat muslim ini, disambut suka cita oleh masyarakat muslim seluruh dunia. Tidak hanya di Indonesia atau di Aceh sebagai wilayah memiliki penduduk muslim terbesar, masyarakat Australia juga menyiapkan event spesial menyambut hadirnya bulan suci Ramadan 1435.

Bagi muslim Australia, ini merupakan moment pertama kalinya mengadakan perhelatan festival Ramadan diselenggarakan di kota Sydney. Festifal Ramadhan dijadwalkan akan dimulai pada pertengahan bulan Juli bertepatan dengan pertengahan Ramadan. Selain melibatkan komunitas muslim Australia, penyelenggara juga melibatkan masyarakat Australia secara luas.

“Festival Ramadan Sydney akan berlangsung di Bowman Hall di Blacktown pada 19 Juli,” ucap Sarwat Hassa, perwakilan penyelenggara kepada Blacktown Sun sebagaimana dilansir OnIslam.

Festival Ramadhan perdana ini rencananya menempatkan beberapa toko dan butik yang menjual busana, perhiasan, pakaian muslim, makanan, lukis wajah dan tangan menggunakan henna. Festival ini juga membuka kesempatan bagi sesama muslim untuk bersillatrrahmi, menumbuhkan semangat berbagi saat Ramadan.

Blacktown dipilih karena kota ini merupakan lokasi dengan populasi multikultural yang tinggi di Australia. Hingga kini Islam telah menjadi agama kedua terbesar di Negeri Kanguru tersebut. Populasi muslim Australia telah mencapai 1,7 persen dari total populasi 20 juta jiwa. Data statistik Australia 2011 mencatat kaum muslim yang mendiami Blacktown sejumlah 17.501 jiwa. [Ism/elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.