Timphan salah satu penganan tradisional favorite di Aceh. Dulunya kue timphan dijumpai ketika acara-acara hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan menyambut lebaran. Tapi kini tak perlu menunggu momen itu datang, karena hampir disetiap keude kupi di Aceh menyediakan timphan sebagai menu istemewanya.

Kue timphan semakin dikenenal karena menjamurnya cafe-cafe atau keude kupi di Aceh. Banyak pengunjung, wisatawan dan mereka yang baru pertama kali menganal Aceh, ingin menikmati timphan. Bentuk yang unik dan berbalut daun pisang muda semakin membuatnya tampil menarik.

Jenis makanan camilan ini, padahal terbuat dari bahan-bahan dasar sederhana seperti tepung, pisang dan santan. Proses pembuatannya juga relatif mudah, semua bahan utama terlebih dahulu diaduk menjadi hingga adonan kenyal. Lalu adonan dibuat memanjang disisi dengan bahan srikaya atau parutan kelapa dicampur gula.

Pada bagian akhir adonan dibungkus menggunakan daun pisang muda selanjutnya dikukus hingga matang. Wangi tmphan memang menggoda, bagi anda yang pertama kali mengenalnya pasti langsung jatuh cinta. Karena tekstrurnya yang halus, rasanya enak, lembut, legit, manis dan wangi semua itu menyatu dalam timphan. mm yummi.. [elz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.