Universitas Syiah Kuala atau lebih dikenal dengan sebutan Unsyiah merupakan universitas tertua di Aceh, yang sekaligus jadi kebanggaan rakyat Aceh. Sejak berdiri tahun 1961 universitas ini, telah meluluskan lebih dari 90.000 sarjana. Kini mulai tersiar kabar bahwa Unsyiah akan membahas proses penggantian nama. Di forum media sosial malah beredar isu bahwa nama Unsyiah akan berganti menjadi Universitas Aceh (UA).

Isu penggantian nama Unsyiah sebenarnya sempat mencuat tahun lalu, tepatnya diawal September 2013, ketika agenda pembahasan statuta dalam rapat senat Universitas Syiah Kuala. Pada waktu itu Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Samsul Rizal menyebutkan, pihaknya saat ini sedang membahas kemungkinan penggantian nama Unsyiah.

Mengenai ganti nama ini kembali ditegaskan pihak Rektor Unsyiah pada acara pelantikan Ikatan Kekeluargaan Alumni Universitas Syiah Kuala (IKA Unsyiah) periode 2014-2016 Rabu, 25 Juni 2014 di Gedung ACC Dayan Dawod. Rektorat telah menyiapkan langkah-langkah untuk penggantian nama Unsyiah. Salah satunya dengan mengundang pengurus IKA Unsyiah pada taggal 2 Juli mendatang.

“Kami akan mengundang para alumni untuk memberi masukan, apakah nama Unsyiah tetap dipertahankan atau diganti nama lain yang lebih memberi makna dan meningkatkan martabat Unsyiah di mata publik dan perguruan tinggi lainnya di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Prof. Syamsul Rizal (25/6/2014)

Menurut rektor Usyiah, sebagaimana dilansir serambinews, usulan penggantian nama Unsyiah, dilakukan karena terkait perdebatan aliran dalam Islam. Selama ini banyak yang menerjemahkan Unsyiah dengan arti bukan ajaran Syiah. “Un” pada kata Unsyiah dimaknai bukan, sedangkan “syiah” diartikan aliran Syiah di Irak dan Iran.

Secara histori, “Syiah” yang melekat pada Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) diambil dari nama seorang ulama Aceh yang sangat berpengaruh dimasa kerajaan Aceh Darussalam. Syeikh Kuala atau Syeikh Abdurauf Singkil adalah tokoh tasawuf juga ahli fikih yang disegani dan hingga kini menjadi rujukan kajian Islam di Asia Tenggara bahkan dunia Islam Internasional. [Jrz]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.