Finalis Indonesian Idol 2014, Muhammad Devirzha (Virzha) punya cara tersendiri mengenang 10 tahun gempa dan tsunami Aceh. Disela pulang ke kampung halaman, Virzha menyempatkan berkunjung ke situs-situs tsunami.

Disela konser tunggalnya di Kota Banda Aceh, pria gondrong itu berziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami di Siron, Aceh Besar dan PLTD Apung, Punge Blang Cut. Di sini, ia mendadak jadi pusat perhatian seiring banyaknya fans yang minta foto bareng dan tanda tangan.

Virzha mengaku kunjungannya ke objek wisata tsunami itu sekaligus untuk mengenang bencana yang melanda pesisir Aceh akhir 2004 lalu. Apalagi pada 26 Desember 2014 nanti akan diperingati 10 tahun tsunami.

Virzha memilih sekarang memperingati 10 tahun tsunami, karena khawatir pada 26 Desember nanti, ia tak sempat pulang ke Aceh, untuk doa bersama masyarakat Aceh.

“Family, saudara dan teman-teman aku banyak yang menjadi korban tsunami, aku tetap rindu mereka,” kenang Virzha disela melihat PLTD Apung, Punge Blang Cut, Banda Aceh, Sabtu (13/9/2014).

PLTD Apung merupakan bukti dahsyatnya tsunami Aceh. Kapal mesin milik PT PLN (Persero) seberat 2.600 ton itu mulanya berada di dekat Pelabuhan Ulee Lheu. Saat tsunami menerjang, kapal itu terseret arus sejauh empat kilometer, menerjang sejumlah bangunan dan terdampar di Gampong Punge Blang Cut.

Karena mustahil untuk memindahkannya ke lokasi semula, PLTD Apung akhirnya dijadikan objek wisata untuk mengenang ganasnya gelombang tsunami yang menewaskan lebih 200 ribu jiwa tersebut. Lokasi ini saban hari ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. [Edi]

Via [Okezone]

BAGIKAN
Aceh Fame adalah portal lifestyle pertama di Aceh yang mendedikasikan diri untuk Aceh yang popular. Lifestyle tidak selamanya identik kalangan elite yang serba gelamor. Semua kita memiliki dan memilih gaya hidup.